Paspor Jepang Paling Powerful di Dunia, Ini Alasannya

Ilustrasi paspor.
Sumber :

VIVA – Paspor menjadi kunci agar bisa melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Namun, memang diketahui bahwa kekuatan paspor negara yang satu dengan negara yang lain berbeda-beda.

Makin bisa masuk tanpa pengurusan visa di awal maupun visa on arrival ke banyak negara, maka makin powerful paspor negara tersebut.

Dikutip dari laman CNN Amerika Serikat, menurut Hanley Passport Index terbaru, paspor Jepang disebut menjadi paspor yang paling powerful saat ini. Pemilik paspor Jepang pada awal bulan ini diketahui diberikan kebebasan visa untuk masuk ke Myanmar. 

Oleh karena itu, pemilik paspor Jepang memiliki akses visa on arrival atau VoA, pengurusan visa di negara tujuan hingga ke 190 negara di dunia. Sementara itu, paspor terkuat menyusul Jepang adalah paspor Singapura yang memiliki akses VoA ke 189 negara.

Sementara itu, paspor Jerman yang awal tahun ini berada di posisi teratas tahun lalu, kini berada di posisi ketiga dengan VoA 188 negara menyusul Prancis dan Korea Selatan.

Kemudian, Amerika Serikat dan paspor Inggris memiliki akses VoA ke 186 negara, sehingga sama-sama berada di posisi kelima. Kemudian, Rusia kini memiliki paspor di posisi 47 sekalipun baru-baru ini warga Rusia mendapatkan akses VoA ke Taiwan.