Alaska 'Dibombardir' Puluhan Gempa, yang Terbesar 7 SR

Gempa Alaska.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Gempa dasyat berkekuatan 7 skala richter (SR) guncang daerah Anchorage, Alaska Jumat waktu. Gempa terseut pun sempat memicu peringatan tsunami di daerah pantai dalam waktu singkat. 

Dilansir dari BBC, Minggu 1 Desember 2018, gempa itu berpusat sekitar tujuh mil atau 11 kilometer di utara Anchorage, kota terbesar di negara bagian itu. Menurut US Geological Survey (USGS), serangkaian gempa susulan pun tercatat terjadi setelah guncangan awal. 

Sekitar 300 ribu orang tinggal di Anchorage dengan 100 ribu warga lainnya yang tinggal di daerah sekitarnya. Sejauh ini, diketahui 40 gempa susulan terjadi 10 dengan magnitudo di atas 4 SR dan tiga dengan magnitudo di atas 5 SR, dan yang terparah sebesar 5,7 SR.

Belum ada laporan korban jiwa, namun berbagai infrastruktur di kota tersebut rusak karena gempa tersebut. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran setempat Jodie Hettrick mendorong warga sekitar untuk menggunakan media sosial dan pesan teks untuk menghubungi orang yang dicintai karena saluran telepon mungkin kewalahan.

"Tinggallah saluran telepon jika Anda bisa, kami perlu saluran telepon terbuka. Awasi satu sama lain, periksa tetangga Anda, terutama jika mereka sudah lanjut usia atau cacat," ungkapnya. 

Sementara itu, Gubernur Alaska Bill Walker mengaku telah berkoordinasi dengan dengan Gedung Putih mengenai bencana ini. Sehingga penanganan dapat dilakukan dengan maksimal.