Israel Mau Ubah Masjid Jadi Museum Picu Kemarahan

Palestina
Sumber :

VIVA – Pihak berwenang Israel di Tiberias akan mengubah masjid Al-Bahr menjadi sebuah museum. Langkah itu diduga melanggar perjanjian tahun 2000 antara pihak berwenang dan komunitas Palestina di Israel yang sepakat mempertahankan status quo masjid tersebut.

Menurut informasi, kesepakatan yang dicapai pada tahun 2000 itu telah beberapa kali dilanggar. Termasuk dengan adanya serangan terhadap bangunan masjid dan pembakaran. Bahkan masjid itu disebut digunakan oleh pecandu narkoba.

"Kami harus pergi ke Tiberias dan menghentikan penodaan situs suci yang bertujuan menghapus simbol Palestina di kota itu," kata Ketua Komite Tinggi Warga Arab, Mohammad Baraka seperti dilansir Middle East Monitor, Kamis 7 Februari 2019.

Dia menegaskan bahwa warga Arab di Israel tidak akan pernah menerima langkah seperti itu. Mereka berjanji untuk melindungi masjid dan tempat-tempat suci lainnya.

Masjid Al-Bahr yang berarti 'Laut' dibangun pada 1743 oleh penguasa Muslim Tiberias, Al-Zaher Omar. Masjid itu terletak di tepi danau Tiberias atau juga dikenal sebagai laut Galilea. Sejak pendudukan Israel di Palestina pada tahun 1948, masjid itu telah ditinggalkan dan tidak ada Muslim yang diizinkan masuk ke sana. (ren)