India Luncurkan Rudal Jatuhkan Satelit, Amerika Geregetan

Ilustrasi satelit mengorbit.
Sumber :
  • www.aviantipic.com

VIVA – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat memperingatkan bahwa uji roba rudal antisatelit (ASAT) yang dilakukan India kemarin akan bisa mengacaukan letak dan posisi satelit di luar angkasa terutama yang berada di orbit.

Dikutip dari laman BBC, Pelaksana Menhan AS Patrick Shahanan menilai, AS sedang mengkaji peluncuran rudal India yang disebut New Delhi, menghantam salah satu satelit di orbit paling bawah dan dianggap sebagai sebuah keberhasilan itu.

India merupakan negara keempat dunia yang sudah melakukan uji coba rudal ASAT. Sementara itu, China melakukan tes serupa pada 2007.

"Pesan saya adalah jangan lupa kita semua ini ibarat punya kepentingan dan kehidupan di ruang angkasa itu. Jadi jangan bikin kekacauan. Wilayah itu harusnya punya kepentingan bisnis dan siapa pun di sana bebas beroperasi," kata Shahanan.

Sekalipun bisa menjadi ancaman bagi warga sipil dan dianggap sebagai bagian dari operasi satelit militer, India sebelumnya menyebut bahwa mereka sengaja meluncurkan rudal tersebut hingga 300 kilometer agar tak ada potensi bahaya. Mereka memang sengaja mengambil posisi bagian terbawah orbit untuk rudal Mission Shakti tersebut. (art)