Hasil Pemilu Belum Diumumkan, Netanyahu Klaim Kemenangan

PM Israel, Benjamin Netanyahu.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim kemenangan dalam pemilihan umum nasional dan akan menjadi Perdana Menteri Israel terlama yang pernah menjabat di negara itu, meski partainya memenangkan jumlah kursi yang sama dengan rivalnya.

Dari total 97 persen suara yang dihitung, Partai Likud dan Partai Blue and White yang dipimpin oleh mantan jenderal militer Benny Gantz, telah memenangkan 35 kursi dari 120 kursi parlemen.

Namun, hasil menunjukkan bahwa Netanyahu akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk membentuk koalisi pemerintah mayoritas yang terdiri atas sekutu nasionalis, sayap kanan, dan kelompok agama. Sementara itu, Gantz memiliki lebih sedikit faksi potensial untuk bermitra.

Hasil akhir pemilu kemungkinan akan diumumkan pada Rabu sore waktu setempat. Sementara proses pembentukan koalisi bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Dilansir dari The Guardian, beberapa jam sebelum hasil pemungutan suara diumumkan, baik itu Netanyahu dan Gantz telah menyatakan kemenangan untuk para pendukung mereka.

Netanyahu mengatakan bahwa hasil pemilu ini adalah kemenangan yang luar biasa dan bahwa dia telah berbicara kepada partai-partai sayap kanan, yang ia klaim telah setuju untuk merekomendasikannya kepada presiden Israel untuk membentuk pemerintahan berikutnya.

Sementara itu, kurang dari satu jam sebelumnya, Gantz juga membuat pengumuman kemenangan prematur. "Dalam pemilihan ada yang kalah, dalam pemilihan ada yang menang, dan kami yang menang," ujar Gantz.