Boris Johnson jadi PM Inggris dengan Dukungan Kurang dari 0,34%

Perdana Menteri baru Inggris Boris Johnson.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Boris Johnson adalah pemimpin baru Konservatif, yang berarti dia juga adalah perdana menteri - tetapi hal ini tidak dilakukan lewat pemilihan umum di mana warga Inggris memberikan suaranya.

Dia dipilih hanya oleh 160.000 anggota partai politiknya sendiri.

Jadi bagaimana begitu sedikit orang yang memilih pemimpin negara, padahal 46,8 juta orang terdaftar memberikan suara pada pemilihan umum lalu?

Jawabannya terletak pada sistem politik Inggris yang agak khusus. Orang yang menentukan pemilihannya adalah hanya warga yang membayar £25 atau Rp436.000 setiap tahun untuk bergabung ke dalam Partai Konservatif.

Mengapa hanya 160.000 yang memiliki suara ?

Pengunduran diri Theresa May sebagai perdana menteri dan pimpinan Konservatif tidak menyebabkan diadakannya pemilihan umum karena partai telah berkuasa.

Langkah selanjutnya adalah bagi anggota partai untuk memilih pengganti May sebagai ketua partai.

Menurut angka resmi terbaru yang dikeluarkan pada bulan Maret 2018, terdapat 124.000 anggota partai.

Tetapi dalam 12 bulan terakhir, lebih dari 30.000 anggota masyarakat bergabung ke dalam Partai Konservatif, sehingga jumlah anggota saat ini mencapai hampir 160.000.

Pada tahapan pertama pemilihan, hanya anggota Konservatif di parlemen yang dapat memberikan suara - dan mengurangi jumlah calon sehingga tersisa hanya dua orang: Boris Johnson, mantan wali kota London, dan Jeremy Hunt, menteri luar negeri.

Pada tahap ini, semua anggota akar rumput Partai Konservatif ikut serta dalam pemungutan suara lewat pos untuk menentukan pemenang.

Tetapi ini hanya melibatkan sekitar 160.000 orang yang mewakili 0,34% pemilih Inggris.

Boris Johnson memenangkan 92.153 suara sementara Jeremy Hunt mendapatkan 46.656. Terdapat 500 surat suara yang rusak.

Di masa lalu, muncul kritik terkait dengan proses yang dianggap kurang adil, tetapi biasanya perdana menteri Inggris memang dipilih partai politiknya.

Dalam setengah abad terakhir, setengah pemimpin negara dipilih partai politiknya, bukan oleh masyarakat umum.

Ini antara lain karena dalam sistem politik Inggris, pemimpin pemerintahan sangat rapuh diberhentikan partainya jika tidak disukai lagi. Berbeda dengan sistem presidensial seperti Amerika Serikat.

Generasi muda, kelompok miskin dan minoritas yang tidak terwakili


Anggota Partai Konservatif, seperti peserta konferensi tahunan, cenderung lebih tua dan tidak seberagam penduduk Inggris pada umumnya. - AFP

Tetapi keanggotaan partai politik juga tidak mewakili negara secara keseluruhan.

Sekitar 97% anggota Partai Konservatif berkulit putih.

Ini berarti "...minoritas etnis, yang merupakan lebih 10% penduduk Inggris, sangat tidak terwakili di dalam Partai Konservatif," kata Profesor Tim Bale, dari Queen Mary University of London.

"Anggota Tory (Konservatif) pada umumnya lebih berada dibandingkan sebagian besar pemilih," tambahnya, dan rata-rata umur mereka adalah 57 tahun.

Sehingga ketika perdana menteri baru terpilih di Inggris, adalah generasi muda, kelompok miskin dan minoritas yang tidak terwakili.