Markas Polisi Paris Diserang, Empat Orang Tewas Ditusuk

Polisi menutup daerah pusat kota Paris. - EPA
Sumber :
  • bbc

Seorang pria dengan menggunakan pisau membunuh empat orang yang dilaporkan sebagai personel polisi di markas polisi kota Paris, Prancis.

Penyerang yang tidak disebutkan namanya tetapi dilaporkan bekerja sebagai pegawai di sana, kemudian ditembak mati oleh polisi.

Sampai sejauh ini belum didapat pernyataan resmi. Para saksi mata mengatakan orang berlarian ke berbagai tempat, sebagian dari mereka menangis. Daerah di ile de la Cite - di pusat kota Paris - tersebut telah ditutup.

Serangan dilakukan satu hari setelah polisi melakukan pemogokan di Prancis karena semakin meningkatnya kekerasan terhadap petugas.

Peristiwa ini terjadi pada pukul 13:00 waktu setempat (18:00 WIB). Penyerang diberitakan memasuki gedung dan langsung ke kantornya. Ia lantas mulai menyerang rekannya dengan menggunakan pisau.


Markas polisi Paris berada di pusat ibu kota Prancis tersebut. - Reuters

Presiden Emmanuel Macron, Perdana Menteri Edouard Philippe dan Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner telah mengunjungi tempat kejadian.

Wali kota Paris Anne Hidalgo memastikan lewat cuitannya bahwa "beberapa orang" meninggal karena serangan yang terjadi di dekat tempat wisata populer termasuk Katedral Notre-Dame.

Tiga pria dan satu perempuan meninggal dalam serangan ini, menurut media Prancis BFMTV.


Tiga pria dan satu perempuan meninggal dalam serangan ini, menurut media Prancis BFMTV. - BBC

Satu orang lagi juga dilaporkan terluka.

Menurut media Prancis, penyerangnya adalah seorang pria berumur 45 tahun yang telah bekerja di bagian administrasi kantor polisi Paris selama 20 tahun.

Angka bunuh diri tinggi

Mereka melaporkan pria tersebut bekerja di bagian intelijen kepolisian.

Pria tersebut terlibat perbedaan pendapat dengan atasannya, menurut pengurus persatuan polisi, Christophe Crepin.

"Saya pikir ini bukanlah aksi teroris," kata Crepin, yang mengenal penyerang, kepada Franceinfo Radio.


Polisi Prancis marah karena buruknya kondisi kerja dan tingginya tingkat bunuh diri. - BBC

BFMTV melaporkan bahwa penyerang menusuk dua orang di dalam dua kantor, satu orang di tangga dan orang ke empat di dalam pekarangan gedung - di mana pria tersebut ditembak mati.

"Polisi berlarian karena panik," kata seorang saksi mata di halaman saat penyerangan terjadi kepada surat kabar Le Parisien.

"Saya terkejut saat mendengar tembakan karena ini bukanlah tempat di mana Anda mendengar hal seperti itu. Pada mulanya saya pikir itu adalah tindakan bunuh diri karena hal tersebut memang banyak dilakukan akhir-akhir ini," tambahnya.

Serangan terjadi setelah adanya pemogokan polisi secara nasional pada hari Rabu (02/10) di mana ribuan petugas berunjuk rasa di Paris menentang jam kerja, kekurangan sumber daya dan reformasi pensiun yang kontroversial.

Serikat polisi menyatakan terjadi lebih dari 50 kejadian bunuh diri polisi sejak permulaan tahun ini.

Mereka memandang peningkatan kasus ini karena buruknya lingkungan kerja dan meningkatnya kekerasan terhadap polisi.