Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

31 Desember: Dua Penguasa Dunia Tumbang, Salah Satunya Akibat Korupsi

Selasa, 31 Desember 2019 | 11:30 WIB
Foto :
  • zoom.nl
Bendera VOC.

VIVA – Hari ini, 31 Desember, dua penguasa dunia tumbang di tahun yang berbeda. Keduanya adalah Dutch East India Company (Vereenigde Oostindische Compagnie/VOC Belanda) dan Uni Soviet.

Berdasarkan data yang diolah VIVA, VOC, yang tumbang alias bangkrut pada 1799, adalah perusahaan dagang Belanda yang sukses karena melakukan monopoli perdagangan di seluruh dunia, termasuk Hindia Belanda, nama Indonesia sebelum merdeka.

Baca Juga

Bubarnya perusahaan bernilai US$7,9 triliun atau Rp111 ribu triliun ini dimulai sejak terjadinya Perang Inggris-Belanda pada 1780 hingga 1784. Hal ini makin diperparah dengan pendudukan Prancis atas ibukota Belanda, Amsterdam, pada 1795.

Perusahaan dagang yang berdiri pada 20 Maret 1602 itu pun lalu dinasionalisasi oleh Pemerintahan Batavia yang baru. Kabarnya tak hanya karena perang, VOC gulung tikar. Ada beberapa penyebab lainnya. Mulai dari korupsi, beban ongkos perang yang dikeluarkan, beban dividen, hingga perubahan politik Belanda.

Tidak mengherankan karena sepak terjang VOC sangat kuat karena diberi hak-hak istimewa oleh Pemerintah Belanda, seperti hak monopoli perdagangan dan hak kedaulatan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler