Italia Catat Rekor Kematian Terburuk Dalam Sehari Akibat Corona

Penutupan kota di Italia.
Sumber :
  • repubblica

VIVA – Italia dalam kondisi yang sangat memprihatinkan akibat pandemi virus corona COVID-19. Terbaru, Negeri Pizza itu mencatat rekor kematian dalam sehari yang mencapai 969 orang.

Jumlah itu menjadi yang tertinggi sejak virus ini mewabah di negara tersebut. Dikutip Football Italia, sejauh ini korban jiwa yang tercatat mencapai 9.134 orang.

Jumlah pasien yang sembuh kini bertambah 589 orang dan secara keseluruhan sudah 10.950 orang. Sedangkan, total jumlah penderita COVID-19 sejauh ini sekitar 86.498 orang.

Capaian pasien di Italia membuat mereka sudah jauh meninggalkan China yang notabene negara awal pandemi virus ini. Di China, jumlah pengidap virus corona sebanyak 81,340 jiwa.

Dilaporkan BBC, Ketua WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyebut kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) menjadi salah satu penyebab utama meledaknya jumlah kematian akibat virus corona. Sebab, dengan merebaknya penyakit ini di seluruh dunia secara bersamaan, masker dan peralatan medis menjadi langka.

Kondisi ini pun mengisyaratkan pemerintah setempat untuk memberlakukan masa lockdown lebih lama. Sebelumnya, Italia menetapkan masa karantina hingga 3 April. Namun, melihat kondisi saat ini, sepertinya lockdown akan diperpanjang.