China Kirim Pakar Medis ke Malaysia untuk Bantu Tangani Virus Corona

Pakar medis China sedang melakukan pertemuan dengan pemerintah Malaysia.
Sumber :
  • Xinhua

VIVA  - Pemerintah Cina mengirimkan ahli medis ke Malaysia untuk menyetujui pandemi virus corona. Para pakar medis dari China itu menceritakan pengalamannya kepada petugas kesehatan Malaysia Bagaimana pihaknya menanggulangi wabah COVID-19.

Tiba di Malaysia, para pakar medis dari Cina langsung diundang oleh Menteri Kesehatan Malaysia, Adham Baba, bersama jajarannya. Setelah itu, pakar dari China langsung memaparkan kontribusi cara ke tim medis Malaysia dari 24 rumah sakit.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia, Chen Chaw Min, berharap, pengalaman yang diberikan pakar dari Cina itu bisa membantu Negeri Jiran dalam mengatasi virus corona dengan lebih baik.

"Tim dari Cina akan mengunjungi rumah saki dan laboratorium di Malaysia. Mereka akan memberikan pemahaman tentang tindakan yang harus dilakukan untuk memutus penularan COVID-19," kata Chen, seperti dikutip Xinhua, Rabu 22 April 2020.

Lebih lanjut, Chan menjelaskan, dengan adanya kerja sama yang diharapkan Malaysia dan Cina dapat menemukan cara yang lebih baik dalam upaya memanfaatkan virus corona. Selain itu, rapat ini juga menghasikan langkah-langkah yang lebih serius dalam penanganan epidemi ini.

Pakar medis yang dikeluarkan China ke Malaysia beranggotakan 8 orang yang dikeluarkan dari Komisi Kesehatan Nasional China. Rencananya, mereka akan berada di Malaysia selama 2 pekan.

Untuk jumlah kasus COVID-19 di Malaysia hingga saat ini telah mencapai 5,425 pasien yang positif dan 92 orang dinyatakan meninggal. Sedangkan, 3.349 pasien yang positif terserang virus korona berhasil disembuhkan.