Trump Sebut Jokowi Minta Ventilator

Presiden Jokowi dan Presiden Donald Trump di KTT G20 Osaka.
Sumber :
  • Dok. Biro Pers dan media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku telah berbincang dengan sejumlah kepala negara dunia terkait penanganan pandemi Virus Corona atau COVID-19 saat ini. Salah satu kepala negara yang berkoordinasi dengan dia disebutkan adalah Presiden Joko Widodo. 

Dikutip dari cuitan di akun Twitter resminya @realDonaldTrump, Jumat 24 April 2020, dia mengatakan Jokowi meminta bantuan ke AS untuk mengirim ventilator. Alat yang digunakan untuk membantu pernapasan pasien positif Corona. 

AS diketahui saat ini sedang memproduksi besar-besaran alat tersebut. Sejumlah sektor industri pun dikerahkan untuk memenuhi kebutuhan penanganan Virus Corona, salah satunya industri otomotif. 

"Baru saja berbicara dengan teman saya Presiden Indonesia Joko Widodo, dia meminta ventilator," ujar Trump. 

Dalam cuitan itu Trump pun mengaku akan memenuhi permintaan tersebut. Mengingat, Indonesia dengan AS  memiliki ikatan kerja sama bilateral yang erat. 

"Akan kami sediakan (Ventilator). Kerja sama yang luar biasa di antara kita," ungkapnya. 

Selain Jokowi, Trump pun diketahui berkomunikasi dengan sejumlah kepala negara lainnya. Seperti, Presiden Ekuador Lenin Moreno, Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez dan Presiden El Salvador Nayib Bukele. 

Cuitan Trump soal permintaan Jokowi tersebut pun menjadi sorotan netizen. Kurang dari 2 jam, sebanyak 9.400 Retweets sudah dilakukan dan mendapatkan 48 ribu Likes. Pihak Istana belum mengkonfirmasi hal ini.

Pantau berita terkini di VIVA Network terkait Virus Corona