Imam Besar Masjidil Haram Bantu Pekerja Bersihkan Kabah

Suasana Masjidil Haram sepi jamaah saat Ramadhan akibat pandemi corona.
Sumber :
  • Channel News Asia

VIVA – Imam Besar Masjidil Haram, Dr Abdulrahman Al-Sudais, terlihat bergabung bersama sejumlah pekerja dalam kegiatan pembersihan Kabah yang dilakukan pada Senin 27 April 2020. 

Mengutip Arab News, Al-Sudais tanpa malu membantu para pekerja guna mencuci dan mensterilkan Kabah yang saat ini tengah sepi akibat kebijakan lockdown yang diterapkan Pemerintah Arab Saudi demi menghambat penyebaran virus Corona.

Pembersihan Kabah ini juga meliputi perawatan makam nabi Ibrahim as, pemeliharaan Hajar Aswan, dan kain Kiswah.

Baca Juga: Thailand Perpanjang Status Darurat Nasional Wabah Corona

Sementara itu, menurut laporan Saudi Gazette, Deputi Umum untuk Dua Masjid Suci urusan pengembangan dan perencanaan, Abdul Hameed Al-Maliki, mengatakan, bahwa pihak Kerajaan Arab Saudi telah membuat semua pengaturan dan persiapan, dengan berkoordinasi bersama otoritas kesehatan untuk menghadapi pandemi COVID-19.

"Sebuah komite dan tim telah dibentuk untuk menindaklanjuti krisis dan memastikan kelancaran rencana operasional Kepresidenan untuk Ramadhan pada berbagai aspek untuk memenuhi semua skenario," ujar Al-Maliki.

Al-Maliki juga menambahkan, bahwa pihaknya akan lebih intensif dalam upayanya membersihkan dan mensterilkan Dua Masjid Suci di Arab Saudi. Selama pandemi ini, 2 situs suci umat Islam itu dibersihkan sebanyak 6 kali dalam sehari.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi saat ini sedang menerapkan kebijakan pembatasan di kota Mekah, termasuk melarang para jamaah untuk mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Baca juga: Ada 120 Vaksin Corona COVID-19 Dikembangkan, 6 Sedang Uji Klinis