Muncul ke Publik, Luka di Pergelangan Tangan Kim Jong-un Jadi Sorotan

Kim Jong Un dan pasukannya.
Sumber :
  • Northkoreaninsight

VIVA – Pemerintah Korea Selatan tidak percaya bahwa pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, telah menjalani operasi jantung meskipun ada semacam bekas luka di pergelangan tangannya. Beberapa pihak meyakini bahwa bekas luka itu menunjukkan Kim telah menjalani operasi.

Kim Jong-un tiba-tiba muncul kembali di sebuah pabrik pupuk pada Jumat pekan lalu, setelah menghilang dari publik selama hampir tiga minggu. Hal ini memicu klaim bahwa Kim Jong-un telah meninggal dunia atau sedang berjuang untuk hidup setelah gagal dioperasi.

Rekaman video kunjungan Kim ke pabrik di Suncheon menunjukkan sebuah luka kecil, yang sebelumnya tidak tampak pada penampilan terakhirnya di hadapan publik pada 11 April 2020 lalu. Namun seorang pejabat senior pemerintah Korea Selatan mengatakan bahwa kantor kepresidenan tidak percaya Kim menjalani operasi, karena beberapa fakta.

"Pemimpin Kim tidak diyakini telah menjalani operasi," kata pejabat yang tak disebutkan namanya, dilansir The Sun, Senin 4 Mei 2020. Pejabat Seoul itu kemudian mengisyaratkan laporan operasi itu tidak benar.

Meski begitu, menurut NK News, sebuah outlet yang didanai oleh Amerika Serikat karena koneksinya yang dapat dipercaya dengan Korea Utara mengungkap, para ahli medis menilai foto dan meyakini luka tusukan itu terkait dengan prosedur kardioviskular.

Kim, yang diketahui memiliki masalah berat badan, juga terlihat mengendarai mobil listrik untuk mengelilingi pabrik. Kim juga menggunakan kendaraan serupa pada 2014 lalu, ketika ia muncul kembali menggunakan tongkat setelah menghilang selama 40 hari pasca operasi pergelangan kaki.