Diam-diam Iran Bangun Terowongan Simpan Sistem Persenjataan Canggih

Ilmuwan Iran yang membuat Satelit Noor.
Sumber :
  • Debriefer.net

VIVA – Pemerintah Iran tengah membangun terowongan baru di pangkalan militer Imam Ali di Suriah Timur. Berdasarkan gambar satelit dan analisis. Diperkirakan terowongan tersebut mampu menyimpan berbagai sistem persenjataan canggih.

Gambar yang diambil pada 12 Mei ini menunjukkan buldoser di pintu masuk struktur yang diperkirakan berukuran 15 kaki. Sementara foto satelit pada 1 April 2020 lalu menunjukkan ekskavator dan buldoser di dekat tempat pembangunan berlangsung.

Analisis intelijen yang dilakukan oleh Image Sat International (ISI) selaku perusahaan satelit sipil, menunjukkan terowongan tersebut layak digunakan untuk penyimpanan kendaraan yang membawa sistem senjata canggih.  

Kesimpulan ini diambil dari analisis terowongan serupa yang digali selama sembilan bulan terakhir di kompleks yang sama. Satu terowongan seperti itu yang berukuran dua mil jauhnya, dibom pada bulan Maret sehingga memaksa Iran untuk tiba-tiba menghentikan pembangunan.

Fox News pertama kali melaporkan keberadaan pangkalan militer Iran ini pada September 2019, mengutip beberapa sumber intelijen Barat. Kompleks yang berada di sepanjang perbatasan Irak/Suriah, menjadi sasaran serangan udara kurang dari seminggu kemudian.

Militer Israel telah menyerang sejumlah situs terkait Iran di Suriah selama dua tahun terakhir namun belum mengakui serangan baru-baru ini terhadap pangkalan Imam Ali.

Meskipun laporan bulan ini menyebut bahwa pejabat pertahanan Israel meyakini Iran mengurangi jejaknya di Suriah, analis di ISI mengatakan pembangunan terowongan baru menunjukkan Iran berencana untuk terus beroperasi di daerah ini.

Baca juga: Perempuan Kala Bayi Kalahkan Flu Spanyol, Saat Nenek Pecundangi Corona