Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Selasa, 26 Mei 2020 | 13:53 WIB

Arab Saudi Longgarkan Jam Malam dan Bolehkan Salat Berjemaah di Masjid

Team VIVA »
Daurina Lestari
Dinia Adrianjara
Foto :
  • U-Report
Salah satu sudut kota mekah yang sepi.

VIVA – Pemerintah Arab Saudi akan mencabut peraturan pembatasan jam malam di tengah pandemi COVID-19 untuk seluruh wilayah negara. Saudi juga akan melonggarkan pembatasan di kota suci Mekah mulai 21 Juni mendatang.

Kementerian Dalam Negeri Saudi mengungkapkan jam malam di Mekah akan diubah menjadi periode jam 3 sore hingga 6 pagi waktu setempat. Selain itu, kegiatan salat Jumat dan berjemaah akan diizinkan di dalam semua masjid di seluruh Kerajaan Saudi, kecuali untuk Mekah, mulai 31 Mei. Pelonggaran ini dilakukan sambil mematuhi langkah pencegahan.

Dilansir Sputniknews, Selasa 26 Mei 2020, Saudi juga akan mencabut larangan bepergian antara daerah dan kota. Para pekerja pemerintahan dan sektor swasta juga diizinkan untuk bekerja secara efektif mulai hari Minggu, 31 Mei.

Sampai hari ini, Arab Saudi telah mengonfirmasi total 74.795 kasus virus corona, termasuk 399 pasien meninggal dunia. Pada perayaan Hari Raya Idul Fitri kemarin, Raja Salman Bin Abdul Aziz menyetujui pelaksanaan salat di dua masjid suci di Mekah dan Madinah, namun tidak mengizinkan jemaah untuk salat di kedua masjid tersebut.

Arab Saudi telah menangguhkan salat berjemaah di masjid-masjid seluruh negeri, sebagai bagian dari tindakan pencegahan ketat untuk menekan penyebaran virus. Tak hanya itu, pihak berwenang juga telah mengimbau para muazin masjid di seluruh wilayah untuk mengumandangkan takbir melalui pengeras suara, tetapi tanpa melakukan salat untuk mencegah infeksi virus.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler