Viral Video Perlihatkan George Floyd Diseret Paksa Dari Mobil

Viral video George Floyd
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Kasus meninggalnya seorang warga sipil kulit hitam di Amerika Serikat yang kini tengah viral bernama George Floyd, masih terus diberitakan oleh banyak media baik dari dalam maupun luar negeri.

Berita terbaru mengatakan ada sebuah video yang memperlihatkan George Floyd tengah diseret paksa keluar dari dalam mobilnya oleh dua orang polisi yang hendak ingin menangkap warga sipil tersebut.

Dikutip dari laman Independent, Kamis, 28 Mei 2020, video tersebut diambil dari kamera handphone seseorang yang merekamnya dari dalam mobil. Video yang berdurasi 45 detik itu juga melihat bahwa Floyd menentang petugas ketika ingin ditangkap hingga terus ditarik.

Kemudian selanjuntnya petugas kepolisian kota Minneapolis, Amerika Serikat yang berjumlah empat orang tersebut salah satunya berupaya untuk memborgol Floyd.

“Dia diperintahkan untuk keluar dari mobilnya. Setelah dia keluar, Floyd secara fisik menolak petugas,” kata Minneapolis Police Departement (MPD) dalam sebuah pernyataannya.

Untuk diketahui, George Floyd yang dituduh melakukan tindak pidana pemalsuan tersebut telah tewas akibat kehabisan napas. Hal itu disebabkan karena saat penangkapan, salah satu dari keempat polisi itu menekan leher Floyd menggunakan lutut kakinya.

Kasus ini pun berbuntut panjang yang akhirnya memicu kerusuhan di kotanya tersebut. Para demonstran hadir dengan membawa papan atau baliho bertuliskan “I Can’t Breathe”, “Justice 4 Floyd” dan lain sebagainya sebagai bentuk protes.

Para pihak kepolisian menyambut aksi tersebut dengan gas air mata demi membubarkan kerumunan yang sejatinya tidak diperbolehkan di tengah wabah pandemi COVID-19 tersebut.

Kabarnya pun keempat polisi yang melakukan prosedur penangkapan terhadap Floyd telah dipecat dari satuan kepolisian tersebut.

Penulis : Abdulah Saputra