4 Polisi yang Bekuk George Floyd Terancam Hukuman 40 Tahun Penjara

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc
AFP
Kematian Floyd telah memicu demonstrasi besar-besaran menentang rasialisme dan pembunuhan terhadap orang kulit hitam di Amerika Serikat.

Tuduhan baru telah diumumkan terhadap semua petugas polisi yang terlibat dalam kematian warga Amerika Serikat keturunan Afrika George Floyd di Minneapolis.

Dakwaan terhadap Derek Chauvin dinaikkan menjadi pembunuhan dan pembunuhan tanpa rencana tingkat dua, menurut dokumen pengadilan yang diterima BBC.

Sementara tiga mantan polisi lain yang telah dipecat, menghadapi tuduhan membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan tersebut, dokumen itu menyatakan.

Sebagian besar demonstrasi selama delapan hari terakhir berlangsung damai, tetapi beberapa di antaranya telah berubah menjadi kekerasan dan jam malam diberlakukan di sejumlah kota.

Jaksa Agung Minnesota Keith Ellison mengatakan dakwaan tambahan itu dilakukan atas nama kepentingan keadilan.

Derek Chauvin, anggota kepolisian Minnesota, didakwa dengan tiga pasal berlapis; pembunuhan tingkat kedua, pembunuhan tingkat tiga, dan pembunuhan tanpa rencana tingkat dua.

Derek adalah polisi yang menekan leher George Floyd dengan lutut hingga tewas.

Tiga polisi lainnya adalah Thomas Lane, J Alexander Kueng dan Tou Thao. Mereka semua menghadapi tuduhan membantu dan bersekongkol dalam aksi tersebut.

Senator Minnesota Amy Klobuchar mengatakan di Twitter bahwa dakwaan terbaru adalah "langkah penting untuk keadilan"

https://twitter.com/amyklobuchar/status/1268240529034227713


Pengacara keluarga Floyd, Benjamin Crump, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam perjalanan menuju keadilan dan kami bersyukur bahwa tindakan penting ini dilakukan sebelum jenazah George Floyd dimakamkan."

Namun, dia kemudian mengatakan kepada CNN bahwa keluarganya meyakini tuduhan terhadap Derek Chauvin semestinya dakwaan pembunuhan tingkat pertama.

Dia juga mengatakan keluarga telah diberitahu bahwa penyelidikan sedang berlangsung dan tuduhan itu bisa berubah lebih lanjut.

Apa yang dikatakan Jaksa Agung?

Ellison menyadari bahwa penuntutan yang sukses terhadap mantan polisi akan sulit.

"Memenangkan kasus akan sulit. Sejarah menunjukkan ada tantangan yang jelas," katanya.

Reuters
Jaksa Agung Minnesota Keith Ellison mengatakan dakwaan tambahan itu dilakukan atas nama kepentingan keadilan

Ellison berkata bahwa George Floyd "dicintai oleh keluarganya, hidupnya memiliki nilai" dan bahwa "kami akan mencari keadilan untuk Anda dan kami akan menemukannya".

Dia mengatakan membawa keadilan ke masyarakat secara umum akan menjadi upaya yang lambat dan sulit.

Namun, menurutnya, orang Amerika tidak harus menunggu akhir kasus Floyd untuk memulai upaya itu.

"Kita perlu menulis ulang aturan untuk masyarakat yang adil sekarang," katanya.

Getty Images
Seorang anggota polisi berjaga-jaga di distrik Fairlax, Los Angeles, setelah pengunjukrasa terlibat bentrokan dengan aparat keamanan, yang ditandai aksi pembakaran mobil polisi.

Apa arti dakwaaan itu?

Di bawah hukum Minnesota, dakwaan pembunuhan tingkat pertama dan kedua membutuhkan bukti bahwa terdakwa bermaksud untuk membunuh.

Pembunuhan tingkat pertama dalam sebagian besar kasus memerlukan bukti upaya perencanaan pembunuhan, sementara pembunuhan tingkat kedua lebih terkait dorongan hasrat untuk membunuh.

Sedangkan dakwaan pembunuhan tingkat ketiga tidak membutuhkan bukti bahwa terdakwa ingin korban meninggal, hanya saja tindakan mereka berbahaya dan dilakukan tanpa memperhatikan kehidupan manusia.

Dakwaan pembunuhan tingkat dua dapat membawa hukuman hingga 40 tahun, 15 lebih lama dari untuk tingkat ketiga.

Apa latar belakang kasus ini?

George Floyd, 46 tahun, dihentikan oleh polisi yang menyelidiki tentang pembelian rokok yang diduga menggunakan uang palsu pada 25 Mei di Minneapolis.

Sebuah rekaman menunjukkan Floyd ditangkap dan seorang polisi berkulit putih terus-terusan menidih lehernya dengan lutut selama beberapa menit, bahkan ketika dia memohon bahwa dia tidak bisa bernapas.

Demonstrasi kemudian pecah dan berlanjut setelahnya, baik di kota-kota di Amerika Serikat dan kota-kota di seluruh dunia.

Pada Rabu (03/06) demonstrasi mulai menyebar di Australia, Prancis, Belanda dan Inggris.

Getty Images
Pengunjuk rasa mengangkat spanduk bertuliskan Black Lives Matter, atau nyawa orang kulit hitam penting, dalam demonstrasi di Paris, Prancis

Kasus Floyd merupakan kasus terbaru pembunuhan orang kulit hitam oleh polisi di Amerika Serikat.

Sebelumnya, pembunuhan Michael Brown di Ferguson, Missouri dan Eric Garner di New York, telah memicu gerakan Black Lives Matter, atau nyawa orang kulit hitam penting, sejak beberapa tahun terakhir.

Bagi banyak orang, kemarahan atas kematian Floyd juga mencerminkan frustasi menahun akan kondisi ketidaksetaraan ekonomi-sosial dan diskriminasi yang dialami orang kulit hitam di Amerika Serikat.