Truk Angkut Bahan Bakar Meledak di Jalan Raya, 10 Orang Tewas

Asap hitam tebal mengepul imbas ledakan truk pengangkut bahan bakar di China.
Sumber :
  • Asia One

VIVA – Setidaknya 10 orang tewas dan 127 lainnya mengalami cedera serius ketika sebuah pengangkut bahan bakar meledak di jalan raya dekat Wenling, Provinsi Zhejiang, China, pada Sabtu 13 Juni 2020, menurut polisi setempat. 

Mengutip Hangzhou.com.cn, Biro Keamanan Publik Zhejiang mengatakan truk tersebut meledak saat melintas di jalan raya. Imbas ledakan itu, beberapa rumah dan pabrik di sekitarnya mengalami kerusakan parah akibat dahsyatnya ledakan.

Baca Juga: Hanya Tiga Negara yang Sebut AS Lebih Baik Tangani COVID-19 dari China

Menurut stasiun televisi pemerintah CGTN, lebih dari 450 petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke tempat kejadian untuk menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di rumah dan mobil mereka.

Hasil investigasi awal menunjukkan bahwa ledakan itu terjadi ketika pengemudi truk yang sedang mengangkut bahan bakar dari Ningbo ke Wenzho meledak saat keluar dari jalan tol. Polisi mengatakan, korban yang terluka langsung dikirim ke rumah sakit dan penyebab ledakan masih diselidiki.

Seorang warga bernama Chen Yungui mengatakan kepada CGTN, bahwa insiden itu terjadi sekitar pukul 5.40 sore. Kekuatan ledakan pun menyebabkan pembangkit turbin angin di dekat lokasi kejadian tidak berfungsi

Laporan sebuah media yang berbasis di Shanghai mengatakan, seorang saksi mata menyebut ledakan itu sangat besar sehingga seluruh warga kota Wenling dapat mendengarnya. "Jendela-jendela rumah di dekatnya terguncang dan hancur," kata saksi tersebut.

Insiden ini menjadi salah satu yang paling mematikan di China dalam beberapa bulan terakhir dan terjadi ketika negara itu masih berjuang untuk kembali normal setelah berbulan-bulan menerapkan pembatasan untuk mengekang penyebaran virus Corona.