Pria Afro-Amerika Rayshard Brooks Ditembak Mati Polisi Atlanta

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc
Reuters
Polisi bernama Garrett Rolfe melakukan tes kesadaran terhadap Rayshard Brooks di lahan parkir.

Penembakan terhadap seorang pria Afrika-Amerika, Rayshard Brooks, berbuntut panjang. Setelah kepala kepolisian di Atlanta mengundurkan diri, kini polisi yang diduga menembak Brooks terancam dakwaan pembunuhan.

Polisi bernama Garrett Rolfe, yang telah dipecat, menghadapi 11 dakwaan terkait kematian Rayshard Brooks. Jika terbukti bersalah, ia bisa menghadapi hukuman mati.

Polisi lain yang berada di tempat kejadian, Devin Brosnan, berencana untuk bersaksi dalam kasus ini, kata para pejabat.

Masing-masing telah bertugas selama enam dan dua tahun di kepolisian Atlanta.

Brosnan - yang telah ditempatkan dalam status cuti - akan didakwa dengan penyerangan karena berdiri di bahu Brooks ketika dia terbaring sekarat.

Para pejabat mengatakan ini adalah yang kesembilan kalinya seorang polisi Atlanta dituntut karena pembunuhan.

Mereka menambahkan bahwa kesaksian Brosnan diyakini sebagai peristiwa pertama kalinya, seorang petugas polisi bersaksi melawan rekannya sendiri.

Rayshard Brooks, 27 tahun, ditembak oleh seorang petugas polisi pada Jumat (12/06) malam, kata pihak berwenang.

Ini merupakan insiden kematian warga Afrika-Amerika kedua oleh polisi dalam tiga pekan, menyusul kasus George Floyd di Minneapolis yang telah memicu aksi protes menentang rasisme di berbagai belahan dunia.

Anggota parlemen di Washington saat ini sedang memperdebatkan undang-undang reformasi kepolisian yang baru.

Apa yang terjadi?

Pada Jumat (12/06), polisi dipanggil ke restoran karena Brooks tertidur di mobilnya, yang menghalangi jalur kendaraan di sebuah restoran cepat saji.

Menurut polisi, Brooks menolak penangkapan setelah tidak lolos tes breathalyzer (tes untuk mengukur kadar alkohol dalam napas).

Setelah menepikan kendaraannya, ayah empat anak itu tampak "sedikit terganggu, tetapi perilakunya selama insiden ini hampir periang", Jaksa Distrik Kabupaten Fulton Paul Howard, Rabu (17/06).

Selama lebih dari 40 menit, video menunjukkan dia mematuhi petugas saat dia menyetujui pencarian senjata dan memberikan mereka rincian identitasnya.

Namun, ketika petugas mencoba memborgolnya, dia mulai berontak. Rekaman itu menunjukkan bahwa Brooks meninju Rolfe, meraih pistol setrum petugas Brosnan, dan berbalik sambil melarikan diri untuk menembakkannya ke Rolfe.

Rayshard Brooks menderita dua tembakan di belakang yang menyebabkan cedera organ dan kehilangan darah. Satu peluru polisi juga menabrak kendaraan saksi, hampir membunuh pengemudi, kata penyidik.

Jaksa mengatakan, Rolfe berkata, "Saya mendapatkannya." Selama lebih dari dua menit setelah Brooks tertembak, tidak satu pun petugas memberikan perhatian medis seperti yang diminta polisi, kata jaksa penuntut.

Sebaliknya, Rolfe menendang Brooks saat dia berada di tanah, dan Brosnan berdiri di bahu Brooks sesaat setelah penembakan, jaksa menambahkan.

EPA
Rayshard Brooks meninggal pada hari Jumat setelah ditembak oleh petugas polisi.

Pengacara yang mewakili keluarga Brooks mengatakan bahwa petugas kepolisian tidak berhak untuk menggunakan kekuatan mematikan, dengan mengatakan Taser yang diambil oleh Brooks adalah senjata yang tidak mematikan.

"Anda tidak bisa menembak seseorang kecuali mereka menodongkan pistol kepada Anda," kata pengacara Chris Stewart.

Brooks seharusnya membawa putrinya yang berusia delapan tahun bermain selancar pada hari Sabtu untuk merayakan hari ulang tahunnya, kata pengacara yang mewakili keluarganya.

Ini adalah kasus penembakan ke-48 yang melibatkan petugas polisi yang diselidiki oleh Biro Investigasi Georgia tahun ini, menurut ABC News. Dari kasus-kasus itu, 15 di antaranya berakibat fatal.

Apa lagi yang dikatakan jaksa?

Jaksa distrik mengatakan bahwa delapan video dari tempat kejadian menunjukkan bahwa Brooks "tidak menunjukkan perilaku agresif selama 41 menit dan 17 detik" bahwa ia diinterogasi, dan tidak menimbulkan risiko fisik kepada petugas pada waktu itu.

Brooks berada 5,5 meter dari petugas ketika dia ditembak dua kali di belakang, kata para penyelidik.

"Saya percaya bahwa pada saat penembakan, Brooks tidak menjadi ancaman," kata Jaksa Howard, jadi catatan bahwa peraturan polisi melarang penembakan Taser pada tersangka yang melarikan diri.

"Jadi dia jelas tidak bisa menembakkan pistol ke seseorang yang melarikan diri," katanya.

Bagaimana tanggapan para tersangka?

Seorang pengacara untuk Rolfe menyalahkan Brooks atas pilihannya untuk "menyerang dengan kejam" petugas yang menangkap "tiba-tiba, tanpa peringatan atau provokasi".

"Brooks dengan kasar menyerang dua petugas dan melucuti salah satu dari mereka," lanjut pernyataan yang dikeluarkan oleh Firma Hukum LoRusso.

"Ketika Brooks berbalik dan menunjuk benda ke arah petugas Rolfe, petugas mana pun akan cukup beralasan bahwa ia bermaksud melucuti, melumpuhkan, atau melukainya secara serius."

EPA
Rayshard Brooks

Seorang pengacara untuk Brosnan membantah klaim jaksa distrik bahwa ia akan berfungsi sebagai "saksi negara", atau bahwa ia telah mengakui untuk berdiri di atas Brooks ketika ia meninggal.

"Ini sama sekali tidak benar," kata pengacara Don Samuel kepada surat kabar Atlanta Journal Constitution.

"Keputusan untuk memulai dakwaan tidak rasional, tidak etis dan jelas didasarkan pada faktor-faktor yang seharusnya tidak ada hubungannya dengan administrasi peradilan yang tepat," katanya dalam sebuah pernyataan. Surat kabar itu menambahkan bahwa jaksa menghadapi pemilihan ulang pada bulan Agustus.

Apa reaksi yang terjadi?

Sejumlah pengunjuk rasa berkumpul di luar restoran tempat kejadian pada Jumat (12/06), menurut surat kabar New York Times.

Protes kemudian dimulai lagi di pusat kota Atlanta pada Sabtu (14/06). Gambar-gambar dari demonstrasi menunjukkan para demonstran mengangkat papan bertuliskan nama Brooks dan Black Lives Matter.

Para pengunjuk rasa di Atlanta turun ke jalan akhir pekan lalu untuk menuntut tindakan setelah kematian Brooks.

Pada Sabtu (13/06) malam, para demonstran menutup jalan raya utama di Atlanta, Interstate-75. Restoran cepat saji yang menjadi lokasi kematian Brooks juga dibakar.

Menanggapi penembakan terhadap Brooks, Wali Kota Atlanta, Keisha Lance Bottoms, mengatakan Kepala Kepolisian Erika Shields mengundurkan diri pada hari Sabtu (13/06).

Erika Shields telah menjabat sebagai kepala kepolisian sejak Desember 2016 dan telah bekerja di departemen kepolisian Atlanta selama lebih dari 20 tahun. Ia akan terus bekerja di departemen itu dalam peran lain, kata Walikota Bottoms.

"Karena keinginannya agar Atlanta menjadi model reformasi di negeri ini, Shields mengundurkan diri sebagai kepala polisi sehingga kota bisa segera bergerak maju dan membangun kembali kepercayaan yang sangat dibutuhkan di masyarakat kita," kata Walikota Bottoms dalam sebuah pernyataan.

Reuters
Seorang pengunjuk rasa berdiri di dekat restoran Wendy`s di Atlanta.

Penembakan itu terjadi di tengah kerusuhan nasional atas kematian dalam penahanan polisi terhadap pria kulit hitam tak bersenjata lainnya, George Floyd, di Minneapolis, Minnesota.

Keempat petugas yang terlibat dalam penangkapan Floyd telah dipecat dan menghadapi tuduhan pembunuhan tingkat dua, atau membantu dan bersekongkol dengan pembunuhan.

https://twitter.com/PMBreakingNews/status/1272003924254429184


Reuters
Restoran Wendy`s yang menjadi lokasi kematian Brooks dibakar pada hari Sabtu.

Mengapa kasus ini berbeda

Analisa Jessica Lussenhop, BBC News

Pemecatan seorang polisi kulit putih dan kemudian didakwa dengan pembunuhan dalam pembunuhan Rayshard Brooks merupakan tanda terbaru dari seberapa cepat dan dramatis kepolisian telah mengubah strategi ketika harus berurusan dengan kasus-kasus mematikan yang jadi sorotan.

Secara historis, kepala polisi segan mengambil tindakan terhadap petugas yang terlibat dalam kematian seseorang yang sedang ditahan sampai "penyelidikan penuh" telah terjadi.

Kepala kepolisian juga cepat membela petugas yang menggunakan kekerasan jika dia "secara beralasan" percaya bahwa seseorang memiliki senjata mematikan atau menimbulkan bahaya langsung kepada petugas.

Dalam kasus ini, video menunjukkan bahwa Brooks telah mengambil Taser petugas dan tampaknya menggunakannya. Tetapi senjata tersebut kurang mematikan, dan video menunjukkan dia melarikan diri. Tembakan yang membunuhnya menembus punggungnya.

Kini ketika polisi itu menghadapi 11 dakwaan, pertanyaan apakah Taser harus dianggap sebagai senjata yang mematikan atau tidak pasti akan mengemuka serta apakah polisi itu cukup "beralasan" untuk takut terhadap Brooks.

Yang tampak jelas, kepolisian tidak merasa percaya diri mengandalkan strategi lama dan retorika yang secara historis memungkinkan mereka untuk memperlambat respons terhadap pembunuhan yang melibatkan polisi.


EPA
Pengunjuk rasa berkumpul di pusat kota Atlanta pada hari Sabtu untuk berunjuk rasa menyusul kematian Brooks.

Tuntutan reformasi

Demonstrasi telah terjadi di berbagai daerah di AS dan di seluruh dunia sejak kematian Floyd. Banyak orang di AS menuntut supaya kepolisian direformasi.

Di Minneapolis, tempat Floyd meninggal, dewan kota mengeluarkan resolusi pada pekan lalu untuk mengganti departemen kepolisian dengan sistem keamanan publik yang dipimpin masyarakat.

Dewan mengatakan akan memulai proses selama setahun untuk berbicara "dengan setiap anggota masyarakat yang bersedia di Minneapolis" demi menghasilkan model keselamatan publik baru.

Di New York, Gubernur Andrew Cuomo memerintahkan departemen kepolisian untuk melakukan reformasi besar. Ia juga mengatakan akan berhenti membiayai pemerintah daerah yang gagal mengadopsi reformasi untuk mengatasi penggunaan kekuatan berlebihan dan bias di departemen kepolisian pada April mendatang.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa teknik tekan leher (chokehold) untuk menahan beberapa tersangka "secara umum" harus diakhiri.

Ia menunda kampanye Pilpres pascakarantina wilayah pertamanya di Tulsa, Oklahoma sehingga tidak jatuh pada 19 Juni, tanggal yang memperingati berakhirnya perbudakan AS.

Trump memindahkan reli tersebut ke tanggal 20, setelah dikritik. Lokasi itu juga kontroversial, karena merupakan tempat salah satu pembantaian ras terburuk dalam sejarah AS yang terjadi pada tahun 1921.