Sempat Hilang, Kasus Baru Corona di China Muncul Lalu Naik Lagi

Gedung National Center for Performing Art, Beijing, China
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA – Kasus virus Corona COVID-19 kembali muncul di China. Laporan terbaru ada 22 kasus COVID-19 dan 13 di antaranya berada di Ibu Kota Beijing. Hal itu disampaikan oleh Komisi Kesehatan Nasional China. 

Kasus baru ini meningkat dibandingkan hari sebelumnya di mana tercatat ada 18 kasus dan 9 diantaranya berada di Beijing. Pihak berwenang kini mulai membatasi pergerakan orang-orang di Beijing dan terus melakukan pencegahan agar virus tidak semakin menyebar. 

Sementara ada tujuh pasien COVID-19 yang terinfeksi tanpa menunjukkan gejala tapi China tidak menghitung pasien tersebut sebagai kasus baru yang dikonfirmasi.

Dilihat dari website Worldmeters, China kini berada di posisi 21 dengan kasus yang terinfeksi sebanyak 83.418 kasus. Kasus sembuh sebanyak 78.425 dan kasus meninggal sebanyak 4.634. Untuk itu saat ini ada 359 pasien yang masih dirawat. 

Seperti diketahui kasus pertama Corona COVID-19 pada akhir tahun lalu berada dari Wuhan, China. Asal-usul virus ini masih diselidiki tetapi salah satu sumber yang dicurigai adalah Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan. 

Dipasar itu menjual lebih dari 30 spesies hewan hidup termasuk anak anjing serigala hidup, jangkrik emas, kalajengking dan musang. China pun telah menutup pasar itu pada Januari lalu. 

Secara keseluruhan, para peneliti setuju bahwa penjelasan yang paling masuk akal adalah bahwa virus berpindah dari hewan ke manusia. China juga kini telah mendapat tekanan dari komunitas global untuk mengatasi perdagangan satwa liar ilegal setelah dikaitkan dengan munculnya penyakit zoonosis.

Baca juga: Cerita John Kei Saat Dipenjara Dapat Bisikan Iblis Disuruh Bunuh Diri