Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Sabtu, 27 Juni 2020 | 04:50 WIB

Arab Saudi Tolak Usulan Suami Harus Mengaku ke Istri Jika Poligami

Team VIVA »
Zulfikar Husein
Foto :
Ilustrasi poligami.

VIVA – Dewan Syuro Kerajaan Arab Saudi, menolak usulan yang bersifat memaksa bagi pria yang telah berpoligami untuk mengaku ke istri sebelumnya. Bahkan, lembaga non-legislatif itu juga menunda rekomendasi lain dari Kementerian Kehakiman Arab Saudi yaitu wewenang pria mengekang perempuan berusia 21 tahun ke atas berpergian ke luar negeri.

Mengutip Al Araby, informasi mengenai poligami di Arab Saudi saat pandemi COVID-19 dilaporkan meningkat, terutama ketika lockdown. Banyak istri yang mengetahui suaminya telah menikah lagi secara diam-diam, yang menyebabkan angka perceraian meningkat 30 persen di Arab Saudi.

Baca Juga

Selain itu, putusan upaya laki-laki mengajukan gugatan ketidakhadiran terhadap saudari perempuannya terkait berpergian tanpa wali pria semakin menguatkan posisi kaum Adam di Arab Saudi. Dewan Syuro beralasan, menolak rekomendasi Kementerian Kehakiman lantaran kekhawatiran perempuan dengan umur yang dimaksud akan melakukan pernikahan tanpa wali laki-laki.

Dewan Syuro menambahkan, penolakan proposal ini juga memiliki dalih lain bahwa wali pria adalah syarat utama untuk melangsungkan pernikahan. Sejauh ini, Arab Saudi memang masih terkenal sebagai negara yang membatasi hak-hak perempuan dibawah sistem perwalian pria.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Cegah Penyebaran Corona, Arab Saudi Berlakukan Jam Malam
TVONE NEWS - 5 bulan lalu
Terpopuler