The Simpsons Stop Gunakan Aktor Kulit Putih untuk Karakter Kulit Lain

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc
TCFFC
Aktor Hank Azaria, pengisi suara karakter India Apu, mengatakan pada Januari ia mengundurkan diri

Serial komedi animasi The Simpsons tak akan lagi menggunakan aktor kulit putih untuk mengisi suara karakter dari latar belakang etnis lain, ujar produser serial tersebut.

Serial yang ditayangkan di saluran televisi Fox ini menghadapi kritik atas penggunaan aktor kulit putih Hank Azaria, yang mengisi suara karakter keturunan India bernama Apu.

Sebelumnya, Azaria mengatakan pada awal tahun ini bahwa dia berhenti dari posisi pengisi suara di serial itu.

Industri hiburan terus mendapat tekanan untuk menyediakan kesempatan yang lebih banyak bagi aktor non-kulit putih.

Pengumuman pada Jumat (26/06) ini muncul di tengah demonstrasi Black Lives Matter yang muncul setelah kematian orang Amerika keturunan Afrika, George FLoyd, di tangan polisi pada 25 Mei lalu.

"Ke depan, The Simpsons tak akan lagi menggunakan aktor kulit putih untuk mengisi suara karakter non-kulit putih," ujar produkser serial itu dalam sebuah pernyataan singkat.

Pada Januari, Azaria mengatakan dia tak akan lagi mengisi suara karakter pemilik toko, Apu Nahasapeemapetilon, tokoh yang suaranya dia isi sejak karakter keturunan India itu diciptakan pada 1990.

Getty Images
Hank Azaria mengatakan penting untuk "mendengarkan orang India dan pengalaman mereka"

"Kami membuat keputusan ini bersama-sama... Kami menyepakatinya. Kami merasa bahwa ini adalah hal yang tepat," ujarnya pada saat itu.

Serial yang telah berjalan selama 30 tahun itu dituding menggunakan karakter itu untuk menguatkan stereotip rasial.

Azaria - yang juga mengisi suara karakter lain di serial itu, termasuk petugas polisi kulit hitam bernama Lou dan orang Amerika keturunan Meksiko, Bumblebee Man - mengatakan dia merasa "sangat mengecewakan bagi saya secara pribadi dan profesional" bahwa siapa pun merasa terpinggirkan karena Apu.

Pernyataan Fox Network pada hari Jumat tidak mengatakan apakah Apu atau karakter lain akan terus tampil di acara itu.

Aktor kulit putih lainnya yang mengumumkan tak akan mengisi suara bagi orang kulit berwarna termasuk Mike Hendry dan Kristen Bell.

Henry mengisi suara karakter kulit hitam Cleveland Brown di serial animasi Family Guty selama 20 tahun.

"Saya menyukai karakter ini, namun orang kulit berwarna semestinya memerankan karakter orang kulit berwarna," ujarnya dalam cuitan di akun Twitternya pada hari Jumat.

Sementara itu, Bell yang mengisi suara Molly, karakter dengan campuran ras di serial kartun Central Par, mengatakan melakukan isi suara bagi karakter kulit berwarna menunjukkan "kurangnya kesadaran".

"Mengisi suara karakter ras campuran dengan aktor kulit putih merendahkan kekhususan ras campuran dan pengalaman orang Amerika kulit hitam," ujarnya.