Wali Kota Seoul Ditemukan Tewas Misterius

Ilustrasi meninggal dunia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Wali Kota Seoul, Park Won-soon ditemukan tewas di sebuah bukit di utara Seoul, beberapa jam setelah putrinya melaporkan dia hilang.

Dilansir dari New York Times, seorang perwira polisi Seoul mengkonfirmasi pada Jumat pagi, 10 Juli 2020, bahwa tubuh Wali Kota yang juga calon potensial Presiden itu telah ditemukan. Juga muncul spekulasi bahwa Park merenggut nyawanya sendiri atau bunuh diri.

Penemuan jenazah Park terjadi setelah hampir 600 petugas polisi dan petugas medis darurat, dibantu oleh anjing polisi, menggeledah bukit-bukit di utara Seoul, tempat sinyal ponselnya terakhir kali terdeteksi.

Park meninggalkan rumahnya dengan taksi pada hari Kamis pagi dan keluar di sebuah taman beberapa menit kemudian. Begitu penjelasan Choi Ik-su, seorang detektif senior di Kantor Polisi Metropolitan Seoul, mengutip rekaman CCTV. 

“Jasad Park ditemukan di bukit berhutan di belakang taman dengan bantuan seekor anjing polisi,” kata Choi.

Menurut Choi, polisi tidak menemukan catatan bunuh diri di tempat kejadian. Tetapi juga tidak ada tanda bahwa Park telah dibunuh oleh orang lain.

Ratusan pendukung Park berkumpul pada hari Jumat ini di depan Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul, di mana tubuhnya telah diambil untuk otopsi. Beberapa berteriak sambil menangis, “Kami mencintaimu, Park Won-soon!”.

Park, menjalani masa jabatan ketiganya sebagai Wali Kota Seoul, sebuah kota berpenduduk 10 juta orang. Dia sering disebut-sebut sebagai calon pengganti Presiden Moon Jae-in, yang masa jabatan lima tahunnya ditetapkan berakhir pada tahun 2022. Masa jabatan Wali Kota Park sendiri juga dijadwalkan berakhir pada 2022.