Mengeluh Sakit Kepala, Ternyata Ada Cacing Hidup di Amandel

Ilustrasi cacing.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebagian masyarakat menyukai sashimi, yaitu makanan Jepang berupa hidangan laut yang langsung dimakan dalam keadaan mentah. Biasanya sashimi terdiri dari salmon mentah, tuna, cumi-cumi atau berbagai makanan laut yang diiris tipis sebelum dimakan.

Namun seorang wanita di Tokyo harus mengalami nasib nahas usai memakan sashimi. Setelah lima hari merasakan sakit kepala tanpa sebab, wanita itu akhirnya mengunjungi rumah sakit.

Betapa kagetnya wanita itu setelah dokter menemukan cacing hidup berwarna hitam bersarang di amandel sebelah kiri tenggorokannya. Dokter kemudian mengambil tindakan dengan mengangkat cacing yang panjangnya hampir 1.5 inci dan lebar 1 mm, menggunakan pinset.

Cacing yang dikenal secara ilmiah sebagai pseudoterranova azarasi, sedang dalam proses melepaskan kulit saat diangkat dari tenggorokan wanita itu. Dilansir dari Independent, dokter mengungkapkan kondisi wanita itu berangsur pulih dengan cepat setelah parasit tersebut diangkat dari tenggorokannya.

Pseudoterranova adalah cacing gelang dari kelompok Anisakidae, yaitu cacing yang diketahui dapat menyebabkan infeksi perut dan usus pada manusia. Infeksi perut dari spesies cacing ini terjadi ketika seseorang mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang, di mana terdapat larva.

Lebih dari 700 kasus telah dilaporkan di Jepang dan Pasifik utara, Amerika Selatan, dan Belanda. Infeksi tenggorokan yang dikenal dokter sebagai "sindrom tenggorokan kesemutan" itu jarang terjadi, meskipun kasus telah meningkat di seluruh dunia bersamaan dengan meningkatnya hidangan sushi dan hidangan ikan mentah.