COVID-19 Menyebar Misterius di Argentina, 57 Awak Kapal Mendadak Sakit

Ilustrasi hasil tes darah yang positif Virus Corona.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pemerintah Argentina dibuat bingung, gara-gara 57 orang pelaut terinfeksi virus corona setelah 35 hari lamanya berada di laut. Padahal semua awak kapal itu sudah dites negatif COVID-19, sebelum meninggalkan pelabuhan.

Kapal pukat ikan Echizen Maru kembali ke pelabuhan setelah beberapa kru yang dibawanya mulai menunjukkan adanya gejala-gejala COVID-19.

Menurut Kementerian Kesehatan untuk Provinsi Tierra del Fuego, dari 61 total anak buah kapal, 57 di antaranya didiagnosis terinfeksi corona setelah mengikuti tes terbaru.

"Sulit untuk mengetahui bagaimana para kru ini terinfeksi, mengingat selama 35 hari mereka tidak memiliki kontak dengan wilayah daratan. Persediaan pun hanya dibawa dari pelabuhan Ushuaia," kata Direktur Perawatan Kesehatan Primer di Tierra del Fuego, Alejandara Alfaro, dikutip Daily Mail, Rabu 15 Juli 2020.

Alfaro mengatakan sebuah tim kini sedang mencari tahu kronologi gejala pada kru, untuk mengetahui bagaimana penularan terjadi. 

Kepala Departemen Penyakit Menular di RS Regionak Ushuaia, Leandro Ballatore, meyakini kasus ini adalah bukti dari periode inkubasi virus corona yang masih misteri.

"Kami belum bisa menjelaskan bagaimana gejalanya muncul," ungkap Ballatore. Para kru kapal itu kini ditempatkan dalam isolasi di atas kapal dan kembali ke pelabuhan Ushuaia.