Arab Saudi Mulai Buka Perbatasan Darat dengan Tiga Negara

Jalur lintas perbatasan Arab Saudi-Bahrain mulai dibuka
Sumber :
  • ArabNews

VIVA – Warga negara Arab Saudi, anggota keluarga dekat dan staf rumah tangga mereka kini bisa masuk ke Kerajaan melalui darat dari Kuwait, Bahrain dan Uni Emirat Arab, tanpa perlu mengajukan izin terlebih dahulu.

Dilansir Arab News, perbatasan darat dengan ketiga negara tersebut resmi dibuka kembali pada Kamis, 23 Juli 2020. Sebelumnya, Kerajaan Saudi menutup perbatasan melalui darat sejak 7 Maret lalu, karena pandemi COVID-19.

Hanya beberapa orang yang diberikan pengecualian karena alasan kemanusiaan, yang bisa memasuki wilayah Kerajaan sejak tanggal itu. Pelonggaran pembatasan berarti King Fahd Causeway yang menghubungkan Arab Saudi dan Bahrain telah dibuka kembali.

Baca: Krisis Ekonomi, Arab Saudi Buka Opsi Jual Aset Negara

Sebelumnya Kerajaan Arab Saudi juga memutuskan untuk kembali menggelar pelaksanaan ibadah haji dan umrah tahun 2020 di tengah pandemi COVID-19. Namun, jumlah jamaah haji yang diizinkan untuk ambil bagian akan sangat dibatasi.

Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengumumkan, peziarah yang diperbolehkan mengambil bagian hanya warga dari berbagai bangsa yang memang sudah tinggal di Arab Saudi. Keputusan ini diambil karena masih adanya ancaman pandemi coronavirus dan demi menjaga kesehatan masyarakat global.

Sekitar 2,5 juta peziarah melakukan ibadah haji tahun lalu. Namun skala dan penyebaran COVID-19 yang sedang berlangsung di seluruh dunia berarti orang-orang tidak akan bisa melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk ambil bagian.

Kementerian itu mengatakan keputusan dibuat mengingat kelanjutan pandemi dan risiko virus menyebar di ruang ramai dan pertemuan besar. (ren)