Konsul Haji RI: Tiga WNI di Arab Saudi Lolos Seleksi Haji 2020

Jemaah haji usai melaksanakan Tawaf Qudum di Masjidil Haram
Sumber :
  • Twitter @HajMinistry

VIVA – Kerajaan Saudi memutuskan untuk membatasi calon jemaah dalam ziarah haji tahun ini, lantaran pandemi COVID-19 yang masih mengancam kesehatan masyarakat global. Untuk tahun ini, hanya warga negara yang sudah tinggal di Arab Saudi dan berusia di bawah 65 tahun, yang diizinkan mengikuti ibadah Haji.

Konsul Haji di Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Endang Jumali, mengatakan, persiapan haji 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, hanya tiga orang warga negara Indonesia yang terdaftar untuk mengikuti ibadah haji.

"Sudah terdaftar tiga WNI, salah satunya yaitu guru Sekolah Indonesia di Riyadh (SIR) dan perawat yang sudah terdaftar. Mekanisme dan semua persiapan disiapkan oleh pemerintah Arab Saudi," kata Endang dalam video di channel Youtube Saudi Indonesia, Rabu, 29 Juli 2020. 

Baca: Berkah Haji di Tengah Pandemi, Semua Gratis dan Fasilitas Nomor Wahid

Endang menyebut, beberapa hari ke belakang yaitu pada 25 Juli 2020, jemaah dari beberapa kota telah tiba di Jeddah. Untuk jumlah keseluruhan jemaah haji tahun ini mencapai 1.000 orang, di mana 70 persen di antaranya adalah ekspatriat, dan 30 persen adalah warga negara Saudi dikhususkan bagi mereka yang bekerja di bidang kesehatan dan keamanan.

Dari informasi otoritas Arab Saudi, sebanyak 510 orang jemaah tiba di Bandara Jeddah. Mereka berasal dari Riyadh dan 13 kota lainnya di Arab Saudi. Yakni, 230 orang dari Madinah, 171 orang dari Riyadh, 53 orang dari Syarqiyah, 28 orang dari daerah Asir, Najran, dan Baha. Kemudian Jizan 14 orang, Hudud Syimaliyah, Tabuk dan juga kota lainnya 14 orang.

Sementara itu, untuk kota-kota lainnya yang tidak melalui Bandara Jeddah, seperti Taif, Jeddah, Laits (Mekah) sekitar 430 orang. "Keseluruhannya adalah 1.000 jemaah," ujarnya. 

Untuk angkutan, bus dari bandara ke Mekah per satu bus hanya diisi oleh 12 orang. Sementara itu, untuk hotel yang tersebar di beberapa wilayah, per satu kamar hanya diisi oleh satu orang yang telah disiapkan oleh Kementerian Haji Saudi.

Sebelumnya, para jemaah haji dari berbagai kota di Arab Saudi mulai berdatangan ke Kota Suci Mekah Al Mukaramah, Arab Saudi, untuk persiapan ibadah haji 1441 Hijriah/2020. Gelombang pertama jemaah haji domestik ini tiba dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada Jumat, 24 Juli 2020. 

Para jemaah haji ditempatkan di kompleks penginapan terpadu di Kota Mekah. Setibanya di hotel, mereka menjalani karantina mandiri di dalam hotel dengan pengawasan ketat dari Kementerian Haji dan Umrah. Jemaah berada di dalam hotel selama empat hari sebelum memulai ibadah haji pada 30 Juli 2020. 

Semua jemaah diharuskan melakukan uji coronavirus sebelum mereka tiba di Mekah, dan mereka akan kembali dikarantina setelah ibadah haji. (art)