Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Prosesi Haji 2020 Dimulai, 1.000 Jemaah Berkumpul di Mina

Rabu, 29 Juli 2020 | 16:43 WIB
Foto :
  • MCH2019
Tenda jemaah haji di kawasan Mina, Arab Saudi

VIVA – Sekitar 1.000 orang jemaah haji mulai berkumpul di lembah Mina, Mekah, Arab Saudi, Rabu siang, 28 Juli 2020, bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1441 Hijriah. Sebelumnya, mereka melaksanakan Tawaf Qudum atau Tawaf selamat datang di Masjidil Haram, menandai dimulainya prosesi ibadah haji. 

Selepas Tawaf Qudum, di hari Tarwiyah ini, para jemaah akan melanjutkan perjalanan spiritual mereka dengan menghabiskan waktu mereka berdoa, merenung di Mina sampai matahari terbit pada Kamis besok, 9 Dzulhijjah.

Baca Juga

Keesokan harinya, yakni Kamis, 9 Dzulhijjah, para jemaah haji akan melakukan perjalanan ke Arafah untuk melaksanakan puncak ibadah haji, wukuf, dan mendengarkan khotbah. Selanjutnya, jemaah akan pergi ke Muzdalifah dan bermalam di sana, sebelum kembali ke Mina untuk ritual Jamarat.

Baca: Berkah Haji di Tengah Pandemi, Semua Gratis dan Fasilitas Nomor Wahid

Ibadah haji tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain karena jumlah jemaahnya yang sangat terbatas, hanya sekitar 1.000 orang, penerapan protokol kesehatan yang ketat juga menjadi pembeda dari perhelatan haji setiap tahunnya.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler