Berkat Kartu Pos Kuno Lokasi Terakhir Van Gogh Melukis Terungkap

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc
Van Gogh Museum
Lukisan bertajuk Tree Roots diyakini oleh sebagian orang sebagai lukisan terakhir Vincent van Gogh.

Sebuah kartu pos disebut-sebut telah membantu para pakar seni mengungkap lokasi sang maestro Vincent van Gogh menyelesaikan mahakarya terakhirnya.

Wouter van der Veen adalah direktur sains dari Institut Van Gogh yang menemukan lokasi Van Gogh melukis karyanya yang bertajuk Tree Roots.

Dia menjumpai kesamaan antara lukisan dan kartu pos yang berasal dari tahun 1900 hingga 1910.

Gambar yang ada di kartu pos tersebut menunjukkan pepohonan di sebuah tepian sungai dekat desa Auvers-sur-Oise di Prancis.

Tempat tersebut berjarak 150 meter dari Auberge Ravoux, sebuah penginapan tempat Van Gogh tinggal selama 70 hari sebelum mengakhiri hidupnya sendiri pada tahun 1890.

"Banyak kemiripan yang menurut saya sangat jelas," ujar Van der Veen, yang mendapat ilham ketika menjalani karantina wilayah atau lockdown di rumahnya di Strasbourg, Prancis.

Van der Veen lalu menyampaikan temuannya di depan para peneliti yang tengah membandingkan lukisan, kartu pos dan gambar lereng bukit di museum Van Gogh, Amsterdam.

Para ahli, terdiri dari peneliti senior di museum Louis van Tilborgh dan Teio Meedendorp, menyimpulkan bahwa lokasi yang sudah diidentifikasi itu "sangat masuk akal".

arthénon via Van Gogh Museum
Wouter van der Veen memperhatikan kemiripan antara kartu pos (bagian kiri) dan lukisan itu di sebelah kanan.

"Kami berpendapat, lokasi yang diidentifikasi oleh Van der Veen kemungkinan besar adalah lokasi yang benar dan ini merupakan penemuan yang luar biasa," kata Meedendorp.

"Jika diamati lebih dekat, gambar akar pohon yang menyeruak dalam kartu pos itu menunjukkan kemiripan dengan bentuk akar pada lukisan Van Gogh. Bahwa ini adalah karya seni terakhirnya menjadikannya lebih luar biasa, dan bahkan dramatis."

Van der Veen mendatangi lokasi tersebut untuk memverifikasi teorinya pada Mei 2020, setelah aturan karantina dicabut di Prancis.

Pada Selasa (28/07) digelar sebuah acara di Auvers-sur-Oise, yang berjarak beberapa mil di utara Paris untuk menandai penemuan lokasi tersebut.

Emilie Gordenker, direktur Museum Van Gogh, dan Willem van Gogh, cicit dari saudara laki-laki Vincent Theo, hadir untuk meresmikan plakat peringatan di lokasi tersebut.

Lukisan terakhir di hari yang dramatis

Banyak kalangan sudah lama memperdebatkan lukisan mana yang menjadi karya terakhir Van Gogh.

Dalam sepucuk surat ipar Theo van Gogh, Andries Bonger, menggambarkan bagaimana sang seniman "telah melukis pemandangan hutan, dikelilingi sinar matahari dan kehidupan" pada "pagi sebelum kematiannya".

Surat itu kemudian menjadi bukti pendukung bahwa lukisan berjudul Tree Roots adalah karya seni terakhir Van Gogh.

Berdasarkan teori kartu posnya, Van der Veen yakin Van Gogh mungkin menyelesaikan lukisan itu hanya beberapa jam sebelum kematiannya.

Van der Veen mengatakan, "Cahaya matahari yang dilukis oleh Van Gogh menunjukkan bahwa karya tersebut dilukis menjelang sore, yang menjelaskan lebih lanjut tentang hari dramatis yang berakhir dengan bunuh diri."

Pada 27 Juli 1890, pelukis Belanda yang bermasalah itu mengakhiri hidupnya dengan cara menembak dadanya sendiri di Auvers-sur-Oise.

Dia meninggal beberapa hari kemudian akibat luka yang dideritanya.

Lukisan Tree Roots sendiri belum rampung sepenuhnya di saat kematiannya.