Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jam Malam di Kota Melbourne, Seperti Apa Suasananya?

Jumat, 7 Agustus 2020 | 19:05 WIB
Oleh :
Foto :
  • abc
Suasana di pusat perbelanjaan di pusat kota Melbourne Bourke St Mall yang sepi dengan pengunjung, kawasan yang biasanya dipenuhi dengan pengunjung.

Pada Minggu malam pekan lalu, Stuart Dalgleish, seorang warga Kota Melbourne, Australia, tiba-tiba tersadar akan melanggar hukum jika dia melangkah keluar dari pagar rumahnya.

Stuart bukan seorang penjahat. Bukan buronan yang dicari polisi. Dia hanya seorang yang kebetulan tinggal di ibu kota negara bagian Victoria tersebut.

Baca Juga

Begitu pemerintah menetapkan berlakunya jam malam pada tanggal 2 Agustus, sekitar 5 juta penduduk metropolitan Melbourne mendapati dirinya seakan hidup dalam distopia.

Polisi kini giat berpatroli di jalan-jalan, dibekali kewenangan tambahan, termasuk memecahkan kaca mobil orang yang menolak ditanyai identitasnya.

Pengumuman pemerintah tentang virus corona bergaung di tempat-tempat umum, termasuk di stasiun kereta yang kebanyakan kosong.

Pemeriksaan dari rumah ke rumah dilakukan aparat polisi dibantu tentara.

Bagi mereka yang berkeliaran antara jam 8 malam hingga jam 5 pagi, harus dibekali dokumen sah yang membuktikan bahwa mereka diizinkan keluar.

"Tak ada bedanya karena toh kita sudah hidup seperti itu selama beberapa lama. Jadi tidak ada perubahan nyata," ujar Stuart.

"Namun rasanya aneh karena saya sadar akan melanggar hukum gara-gara keluar rumah," tambahnya.

Bagi warga Melbourne, jam malam merupakan hal asing, sama dengan kopi yang buruk rasanya.

Belum diketahui seberapa efektif jam malam ini, namun sejumlah pihak memperingatkan justru bisa memiliki konsekuensi yang tak diinginkan.

Hanya warga Melbourne yang masih harus bekerja yang boleh keluar rumah setelah jam 8 malam. (AAP: Erik Anderson)

 

Sejarah jam malam di Australia

Sebelumnya sudah pernah ada jam malam di Australia, meskipun tak seperti yang terjadi di Melbourne saat ini.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler