Sudah Lebih dari 5 Juta Orang di Amerika Serikat Terinfeksi COVID-19

Ilustrasi virus corona.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Kasus COVID-19 di Amerika Serikat hingga kini telah melampaui lebih dari 5 juta kasus. Menurut para ahli, kemungkinan jumlah kasus infeksi sebenarnya bisa berkali-kali lipat lebih tinggi dari data yang ada.

Jumlah ini berarti AS memegang sekitar seperempat kasus global COVID-19 dan juga menduduki puncak daftar dengan kematian paling banyak dilaporkan di dunia. Menurut data Universitas John Hopkins, dari 5.036.387 kasus, 162.851 di antaranya telah meninggal dunia.

Sebagai perbandingan kecepatan pertumbuhan angka, perlu 99 hari bagi sebuah negara untuk mencapai 1 juta, 43 hari untuk mencapai 2 juta, 28 hari untuk 3 juta, dan melonjak menjadi 5 juta kasus hanya dalam waktu 17 hari.

"Ini adalah angka yang serius," kata Dr. William Schaffner, seorang profesor penyakit menular di Vanderbilt University, dilansir CNN, Senin 10 Agustus 2020.

Baca juga: Seperempat Jumlah Orang Positif Corona Dunia Ada di Amerika Serikat

Dari data COVID-19 Tracker Universitas John Hopkins, pandemi di AS tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dan kematian terus meningkat dengan lebih dari 1.000 kematian dilaporkan setiap hari selama lima hari terakhir. Sejak 21 Juli 2020, hanya empat hari AS tidak melaporkan lebih dari 1.000 kematian.

Pada pekan lalu, lima negara bagian menyumbang lebih dari 40 persen infeksi di AS, di antaranya California dengan kasus terbanyak di negara tersebut, Florida, Texas, New York, dan Georgia. New York yang sebelumnya menjadi pusat penyebaran COVID-19 di AS, telah dilampaui oleh beberapa negara bagian yang mengalami lonjakan kasus dalam beberapa bulan terakhir. (art)