Masa Depan Muslim di India

Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Partai Bharatiya Janata (BJP) berhasil membuat khawatir umat Islam India bahwa mereka harus pindah ke tempat lain, karena negara tersebut hanya diperuntukkan bagi umat Hindu.

Baru-baru ini ketika pekerjaan pembangunan Kuil Ram direncanakan akan diresmikan, Perdana Menteri India, Modi sendiri mendatangi Ayodhya untuk menghadiri acara peletakan batu pertama. "Banyak orang berkorban untuk kuil Ram. Saya memberi penghormatan kepada mereka semua," kata Modi kepada banyak orang-orang yang hadir, dilansir dari laman Pakistan Today, Selasa (11/8).

"Kerukunan sosial adalah prinsip inti dari pemerintahan Lord Ram. Pembangunan candi Ram merupakan instrumen untuk mempersatukan negara. Terlepas dari upaya untuk memberantas keberadaan Lord Ram, dia tinggal di hati kita dan merupakan dasar budaya kita. Itu akan mengangkat ekonomi seluruh wilayah," lanjut Modi.

Tidak diragukan lagi Modi merupakan tipe orator yang memikat hati lawan bicaranya. Dia tahu betul apa yang harus dia bicarakan, dan kapan harus berbicara. Namun ketika memberikan pernyataannya tentang pembangunan Kuil Ram, dia lupa bahwa persidangan hukum dalam kasus pembongkaran Babri belum selesai.

"Keadilan telah menghindari mereka yang kehilangan nyawa dan harta benda dalam kekerasan nasional yang terjadi setelah penghancuran masjid, yang sering dijuluki bagian paling gelap di India modern," sebut Aljazirah dalam melaporkan pembangunan Kuil Ram.

"Tanggal yang dipilih untuk upacara itu juga bertepatan dengan peringatan pertama pencabutan status khusus Kashmir yang dikelola India, satu-satunya wilayah mayoritas Muslim di India yang telah menjadi teater pemberontakan bersenjata berdarah selama lebih dari 30 tahun".

Aksi pemerintahan BJP ini akan memperlebar jarak antara dua komunitas mayoritas India. Umat Islam di sana sudah dalam kondisi tertindas yang mengarah pada depresi. Modi mengatakan, bahwa partainya sedang mencoba untuk mempromosikan kerukunan komunal dan persaudaraan antaragama. Akan tetapi secara praktis sangat jelas bahwa partai politiknya melakukan yang terbaik untuk membangun "Tembok Cina" ketidakpercayaan antara Muslim dan Hindu.

Sayangnya, Muslim India tidak memberikan reaksi atas pembangunan Kuil Ram, mereka tetap diam atas ketidakadilan ini sesuai tradisi. Jika Muslim di India bersemangat dalam konteks khusus ini, situasinya bisa jauh berbeda.

Tampaknya para muslim berada dalam keadaan ketakutan, dan kengerian bahwa reaksi mereka akan menambah banyak kesengsaraan dalam hidup yang sudah bermasalah. Namun, ada sedikit yang mengungkapkan kekesalannya atas masalah ini. Penulis-penulis lirik Bollywood Hussain Haidry adalah salah satunya.

Dalam pesannya baru-baru ini di halaman facebooknya, ia menyatakan ketidaksetujuannya yang kuat atas pembangunan kuil Ram di Ayodhya. Dia berkata bahwa orang-orang progresif dari masyarakat India harus melangkah maju, dan membentuk gerakan menentang pembangunan Kuil tersebut.

Mengenai tanggal yang dipilih untuk upacara peletakan batu pertama tersebut, dia mengatakan bahwa 5 Agustus telah dipilih jauh sebelumnya untuk mempermalukan Kashmir. Pada 5 Agustus 2019, pemerintah India telah mencabut Pasal 370 dan membuka jalan bagi integrasi yang lebih besar antara Jammu dan Kashmir dengan Union Territory (UT) India.

Di Guardian, pada 6 Agustus 2020, Siddhartha Deb menulis sebuah artikel dengan judul, "Pembantu Modi telah mengingatkan Muslim India tentang apa yang dia pikirkan tentang mereka". Penulis berkata, "Sejak 5 Agustus juga merupakan peringatan satu tahun penangguhan sepihak BJP atas status khusus Kashmir, sebuah langkah yang menyebabkan warga Kashmir dikenakan penangguhan semua kebebasan sipil, perayaan kurang ajar ini juga akan berlaku. untuk mengingatkan Muslim di India tentang status mereka yang ditaklukkan dalam segala hal, pengingat bahwa tidak ada yang tersedia bagi mereka di India Modi, baik sejarah maupun geografi".

Di masa yang akan datang, umat Islam di India menghadapi lebih banyak kekejaman serupa. Akan ada lebih banyak pembatasan pada Muslim, lebih banyak pembantaian terhadap Muslim, dan lebih banyak pembangunan kuil setelah menghancurkan berbagai masjid oleh ekstremis BJP.

Menurut laporan media terbaru, BJP sedang berusaha untuk mendapatkan persetujuan pembongkaran lebih dari 3.000 masjid termasuk Masjid Jamia Delhi. Ekstremis BJP mengklaim bahwa masjid yang ditunjuk dibangun setelah menghancurkan Kuil Hindu. Anggota parlemen, Sakshi Maharaj menjadi begitu emosional bahwa dia menawarkan untuk digantung, jika berhala tidak ditemukan di bawah tangga Masjid Jamia.

Baik itu kuil, masjid, biara Budha atau Gereja, pembangunan tempat peribadahan manapun bukanlah kejahatan. Semua tempat ibadah merupakan sakral, tetapi mengubah masjid menjadi kuil atau Gereja menjadi biara Buddha dengan menggunakan kekerasan bagaimanapun juga merupakan kejahatan.

Di mana pun di dunia, merupakan tugas utama pemerintah untuk memberikan keselamatan, dan keamanan di semua tempat ibadah. Dalam banyak kasus, pemerintah memenuhi tugas mereka, tetapi apa yang harus dilakukan jika seseorang seperti Modi memainkan peran utama dalam sebuah pemerintah.