China Gencar Robohkan Masjid Muslim Uighur

Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, ATUSH -- Pihak berwenang di kota Atush (dalam bahasa China, Athusi) di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang (XUAR), China barat laut, telah menghancurkan dua dari tiga masjid di desa Suntagh. Hal itu dilakukan di tengah kampanye dimana ribuan situs Muslim dihancurkan dalam beberapa tahun terakhir.

Dua masjid yang dikonfirmasi terbaru dihancurkan itu ialah Masjid Azna dan Destangah di Suntagh. Otoritas Xinjiang disebut telah mulai menghancurkan masjid-masjid di Xinjiang secara massal pada akhir 2016, sebagai bagian dari kampanye yang dikenal sebagai "Perbaikan Masjid".

Upaya perbaikan masjid tersebut merupakan bagian dari serangkaian kebijakan garis keras di bawah pemimpin tertinggi Xi Jinping. Kampanye ini mendahului langkah penahanan massal terhadap sebanyak 1,8 juta orang Uighur dan minoritas Muslim lainnya dalam sebuah jaringan luas kamp penahanan di Xinjiang yang dimulai pada April 2017.

Outlet berita Uighur RFA mencoba melakukan penyelidikan awal terhadap kampanye masjid tersebut. RFA kemudian menemukan, pihak berwenang telah menghancurkan sekitar 70 persen masjid di seluruh wilayah Xinjiang. Di saat itu, pihak berwenang memberikan "keamanan sosial" sebagai alasan kampanye tersebut. Kampanye itu tampaknya berlanjut hingga tahun-tahun setelah 2016 dan penindasan pihak berwenang terhadap orang Uighur semakin giat.

Baru-baru ini, RFA melakukan wawancara telepon dengan petugas keamanan publik Uighur dari desa Suntagh di Atush. Atush merupakan kota setingkat kabupaten yang berpenduduk sekitar 270 ribu orang di bawah administrasi prefektur Kashgar di wilayah penghasil kapas dan anggur di barat daya Xinjiang.

Petugas yang tak disebutkan namanya itu membenarkan dua dari tiga masjid yang tersisa di desa itu telah dirobohkan sekitar musim gugur 2019. Sementara masjid yang dibiarkan oleh otoritas tetap berdiri adalah yang terkecil dan dalam kondisi paling buruk dari ketiganya.

"Masjid Azna dihancurkan tahun lalu. Saya pikir itu mungkin di musim gugur. Mereka membawa mesin untuk merobohkannya. Masjid Azna dan Destangah di Suntagh dihancurkan. Destangah dihancurkan pada saat yang sama (seperti Azna)," kata petugas itu tanpa memberikan alasan pembongkaran masjid tersebut, dilansir di RFA, Rabu (12/8).

Menurut petugas tersebut, pemerintah setempat memutuskan membiarkan masjid yang ketiga tetap berdiri, yakni Masjid Teres. Meskipun, masjid yang lain dalam kondisi yang lebih baik dan jauh lebih besar. Masjid Destangah misalnya berlokasi strategis di sebelah pasar Suntagh.

Selain itu, masjid Azna dan Destangah dibangun dari batu bata. Sedangkan masjid Teres memiliki dinding tanah yang ditutupi dengan kayu yang lebih tua.

"Masjid yang dihancurkan lebih kukuh karena atapnya dicurah dengan semen. Sementara atap kayu di masjid Teres nyaris tidak bisa menahan hujan," kata petugas itu.

Selanjutnya Klik disini