Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Bank Syariah Pertama Australia Beroperasi Tahun Depan

Kamis, 13 Agustus 2020 | 15:40 WIB
Oleh :
Foto :
  • abc
Bank syariah pertama akan dibentuk di Australia pada tahun 2021.

Sekelompok Muslim di Australia sedang berupaya untuk memperkenalkan bank syariah di Australia dengan harapan bisa mulai beroperasi tahun depan.

Rencana membentuk bank syariah pada tahun 2021 di Australia kini sedang berjalan. Sistem bank syariah tidak mengenal bunga bank melainkan dengan pengaturan bagi hasil. Para pendukungnya menyebut hal ini alternatif bagi warga Australia dalam urusan perbankan.

Baca Juga

Inisiator bank syariah ini terdiri atas sejumlah pemuka masyarakat Muslim serta para bankir senior di Australia. Tujuan mereka yaitu memberikan alternatif etis terhadap perbankan konvensional.

Bank syariah tidak mengenal bunga bank yang dilarang dalam ajaran Islam melainkan menggunakan perjanjian bagi hasil untuk menghasilkan pendapatan.

Jika nantinya beroperasi, bank syariah bakal menambah ragam layanan keuangan yang lebih peka terhadap nilai-nilai agama dan budaya, selain membuka peluang Australia terhadap sektor keuangan global yang bernilai triliunan dolar ini.

Para inisiator ini menyatakan nasabah non-Muslim yang ingin mencari alternatif selain empat besar bank di Australia bisa mempertimbangkan layanan mereka.

Dr Rashid Raashed telah mengupayakan pembentukan bank syariah di Australia selama delapan tahun.

Supplied: IBA Group

Tanpa bunga bank

Bank syariah beroperasi di puluhan negara di dunia termasuk Malaysia, Indonesia, dan Inggris.

Perbedaan utamanya dengan bank konvensional yaitu dalam soal bunga bank yang dianggap sebagai praktek riba yang dilarang dalam ajaran Islam.

Mereka percaya keuntungan haruslah datang dari materi dan tenaga kerja yang nyata. Sementara riba merupakan uang yang dihasilkan dari memperdagangkan uang itu sendiri tanpa memberikan keuntungan.

Makanya, bank syariah diatur dengan perjanjian bagi hasil antara pihak bank dengan nasabahnya.

Dicontohkan suatu perusahaan mengambil kredit dari bank syariah, lalu perusahaan itu mendapatkan keuntungan, maka keuntungan inilah yang dibagi dengan bank.

Bila perusahaan tersebut tidak menghasilkan untung atau rugi, maka pihak bank pun tidak menghasilkan uang dari pinjaman tersebut.

Lihat artikel asli
Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler