Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kisah Koran Hong Kong yang Dijerat UU Keamanan Nasional China

Jumat, 14 Agustus 2020 | 17:55 WIB
Oleh :
Foto :
  • bbc
Jimmy Lai di kantor Apple Daily pada tahun 1995.-Getty Images

Apple Daily berawal sebagai tabloid di Hong Kong, dikenal dengan tajuk utama yang kadang sensasional serta foto-foto jepretan paparazzi.

Namun setelah 25 tahun berkiprah dalam dunia media cetak, Apple Daily menjadi media yang `langka`- koran yang tidak takut menyampaikan kritik terbuka terhadap pemerintah China dan menjadi rujukan untuk gerakan pro-demokrasi di Hong Kong.

Getty Images
"Apple Daily", surat kabar simbol protes di Hong Kong
Baca Juga

 

Dan kini, sekitar sebulan setelah China menerapkan UU Keamanan Nasional yang baru di Hong Kong, Apple Daily menjadi target.

Polisi menggerebek kantor surat kabar itu pada Senin (10/08) serta menangkap pemiliknya, Jimmy Lai, dan sembilan orang awak redaksi lainnya atas tuduhan terlibat kekuatan asing.

Penggerebekan surat kabar ini menimbulkan kecemasan akan nasib kebebasan pers di Hong Kong- dan masa depan salah satu dari sedikit surat kabar yang berani menekan batasan.

 

Buah terlarang

 

 

Getty Images
Jimmy Lai dan sembilan orang awak redaksi Apple Daily ditangkap dengan tuduhan terlibat dengan kekuatan asing

 

Apple Daily didirikan pada 1995 oleh Jimmy Lai, yang merujuk buah terlarang yang tercantum dalam Alkitab.

"Bila Hawa tidak memakan buah terlarang, maka tidak akan ada dosa, tidak ada benar atau salah, dan tentu saja - tidak ada berita," kata Jimmy Lai dalam wawancara terdahulu dengan media digital Lianhe Evening News.

Surat kabar ini awalnya muncul sebagai tabloid dan menjadi terkenal karena artikel sensasional dan tajuk utama yang menarik, dengan fokus pada berita kriminal dan hiburan.

Beritanya kadang-kadang menyimpang ke wilayah yang tidak etis. Pada 1998, Apple Daily menerbitkan laporan tentang seorang pria Hong Kong yang difoto sedang mencari PSK di China daratan tak lama setelah istrinya bunuh diri.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler