Masjid di Toronto Kembali Jadi Sasaran Serangan

Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO--Sebuah Masjid di pusat kota Toronto menerima beberapa kali serangan dalam tiga bulan terakhir. Serangan terakhir terjadi pada Ahad (16/8) lalu yang menyebabkan beberapa jendela masjid kembali rusak parah.

Meskipun penanganan telah dilakukan atas serangan berulang-ulang di Masjid Toronto, yang merupakan bagian dari Asosiasi Muslim Kanada (MAC), namun serangan ini masih menyedot kekhawatiran para jamaah.

"Tampaknya seseorang mencoba mengintimidasi komunitas Muslim. Ini tidak bisa diterima," kata Munir dari MAC yang dikutip di Al Jazeera, Jumat (21/8).

"Saya khawatir, tidak hanya bagi mereka yang bekerja dan berdoa di sini tetapi juga untuk serangan semacam ini yang memberitahu kita tentang ketidaktahuan dan kebencian yang ada dalam masyarakat kita. Seharusnya tidak ada orang Kanada yang merasa tidak aman di tempat ibadah mereka," ujar pria yang juga bekerja untuk Yaqeen Institute for Islamic Research, lembaga yang bertujuan untuk memecahkan narasi Islamofobia itu.

Pekan ini, Masjid Toronto menemukan jendelanya pecah untuk ketiga kalinya dalam tiga pekan. Dibarengi aksi vandalisme yang mendatangi masjid di bawah naungan MAC lainnya. Hingga kini, terdata enam kali masjid lokal diserang dalam tiga bulan terakhir.

Menurut MAC, selain jendela yang pecah, para peneror juga berupaya untuk masuk ke masjid dan merusak bagian dalam masjid, ditambah coretan grafiti rasis di dinding dan jendela masjid. Terdata enam orang tewas dalam serangan masjid di Kota Quebec.

"Insiden ini sekarang terjadi pada tingkat yang menakutkan dan kami tidak dapat menerima menunggu lebih lama lagi untuk tindakan polisi," kata MAC dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan bahwa pihak berwenang setempat harus meningkatkan dan menawarkan perlindungan yang diperlukan, mencatat bahwa serangan itu dimaksudkan untuk mengintimidasi komunitas Muslim.

Sementara itu, Polisi Toronto mengatakan mereka telah mengetahui beberapa laporan kerusakan dan kerusakan sejak 1 Juni lalu di dua masjid tersebut. "Saat ini ada enam investigasi dan dua penangkapan telah dilakukan sejauh ini," katanya dalam pernyataan yang dikutip di Al Jazeera.

"Unit Kejahatan Kebencian kami telah mengetahui insiden tersebut dan terus mendukung penyelidikan jika diperlukan," kata polisi, yang menambahkan bahwa mereka akan terus bekerjasama dengan anggota masjid.

Tetapi sementara penangkapan telah dilakukan dalam dua kasus terakhir, Mariam Manaa, manajer hubungan masyarakat MAC, mengatakan bahwa MAC ingin kasus tersebut dianggap bukan sebagai kejahatan, tetapi mungkin terkait kebencian.

"[Kasus itu] berada di bawah kerusakan, bukan di bawah vandalisme atau niat untuk menyakiti atau membenci. Masalahnya adalah dalam tiga sampai empat hari, mereka akan dibebaskan lagi jika mereka ditangkap dan mereka dapat kembali dan lagi merusak masjid," jelas Manaa.

"Kami ingin penyelidikan lebih lanjut dan ingin polisi mengambil tindakan lebih lanjut. Kami tidak ingin ini terulang kembali," kata Manaa.

Mustafa Farooq, CEO Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM), mengatakan bahwa tanggapan dari Layanan Polisi Toronto (TPS) sejauh ini tidak memadai karena tidak ada rencana yang jelas tentang bagaimana serangan ini akan terjadi.

"TPS telah mengesampingkan kebencian sebagai motivasi hanya beberapa hari setelah penangkapan pertama, dan serangan terus berlanjut," kata Farooq.

“Bagi kami, enam serangan dalam waktu sesingkat itu menunjukkan pola sistematis yang memprihatinkan dan perlu penyelidikan lebih lanjut," sambungnya.

Dia mengatakan akan mendesak TPS untuk menyelidiki sepenuhnya ini sebagai rangkaian serangan yang berpotensi bermotif kebencian dan kedua, untuk memberikan rencana yang jelas. Sehingga tidak ada lagi serangan yang terjadi di banyak pusat kota Toronto, kata Farooq.

Menurut MAC, Masjid Toronto adalah salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi di wilayah Toronto. Manaa mengatakan MAC peduli dengan keselamatan jamaah dan pejalan kaki juga.

"Ini jalan yang sangat sibuk. Jadi saya membayangkan jika ada yang melempar batu bata ke kaca di jalan yang ramai, maka orang lain bisa saja terluka," katanya.

Sumber:

Aljazeera