Hari Ini Tepat 23 Tahun Putri Diana Meninggal Tragis, Berikut Kisahnya

Putri Diana
Sumber :
  • instagram.com/royal.house.of.windsor

VIVA – Tepat hari ini Senin 31 Agustus 2020, 23 tahun silam, dunia digegerkan dengan berita meninggalnya Putri Diana. Kematian tragis akibat kecelakaan lalu lintas yang dialami Putri Diana menyedot perhatian dunia. Ditambah dengan bumbu-bumbu cerita lain.

Jika Putri Diana masih hidup saat ini, ibu dari Pangeran Williams dan Harry ini tentu akan berusia 59 tahun. Maklum, perempuan kharismatik ini tewas saat usianya masih terbilang muda, 36 tahun. Dunia berduka saat tahu kehilangan Putri Diana.

Pemilik nama lengkap Diana Frances Spencer ini mengalami kecelakaan fatal saat mobilnya tabrakan di jalan Pont de l'Alma, Paris. Di sebuah terowongan di jantung ibu kota Prancis tersebut. 

Baca juga: Kristen Stewart Bakal Perankan Putri Diana di Film Baru

Teman Putri Diana yang berada di mobil yang sama, Dodi Fayed dan seorang pengawal Henri Paul, juga tewas akibat insiden mengerikan tersebut. Sedangkan pengawal Putri Diana mengalami cedera serius.

Sejak kabar kematian tersebar, ucapan bela sungkawa membanjiri Kensington Palace. Prosesi pemakaman digelar pada 6 September 1997 di Westminster Abbey dan disiarkan banyak stasiun televisi. Benar-benar sukses menguras emosi. Bayangkan saja, berita pemakaman Putri Diana tersebut ditonton lebih dari 32, 1 juta penonton.

Ada beberapa rumor dan isu yang berkembang saat itu. Ada yang menyalahkan kematian wanita anggun ini akibat ulah paparazzi atau wartawan gosip yang membuntutinya. Isu ini juga banyak dikupas habis media-media di seluruh penjuru dunia.

Yang membuat semakin menarik, tujuh minggu sebelum kematiannya, Diana kabarnya mengaku terancam keselamatannya karena ia mencium sebuah konspirasi untuk membunuhnya. Hal yang membuat kematiannya semakin menguras emosi.

Keyakinan itu semakin diperjelas dengan kematian teman dekatnya yang juga desainer kondang Gianni Versace yang ditembak mati oleh Andrew Cunanan di rumahnya di Miami pada tahun yang sama.

Ditambah dengan pengakuan pengawal Dodi Fayed, Lee Sansum, yang mengaku pernah ditanya Diana beberapa saat setelah kematian Versace. "Apakah mereka juga akan melakukan hal yang sama kepada saya," tanya Diana kepada sang pengawal.

Putri Diana dikubur di sebuah pulau di Althorp Estate yang memang menjadi makam keluarganya selama berabad-abad. Proses pemakamannya juga hanya dihadiri keluarga terdekatnya dengan pengawalan super ketat.

Sosok Putri Diana
Putri Diana lahir dengan nama Diana Spencer pada 1 Juli 1961 sebelum akhirnya meninggal di usia 36 tahun. Pada 1975, namanya menjadi Lady Diana Spencer setelah ayahnya mendapat gelar Earl Spencer.

Pada 29 Juli 1981, dia menikah dengan putra mahkota Inggris, Pangeran Charles di Katedral St Paul dan menjadi Ratu Wales sejak saat itu. Diana juga dianugerahi gelar Duchess of Cronwall, Duchess of Rothesay dan Countess of Chester.

Pesta pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana saat itu juga digelar sangat megah. Keduanya dianugerahi dua putra yakni Pangeran William yang lahir pada tahun 1982 dan Pangeran Harry pada 1984. 

Namun keharmonisan Pangeran Charles dan Putri Diana tak berlangsung lama. Keduanya akhirnya memutuskan berpisah di depan Parlemen pada 1992. Sejak saat itu, Putri Diana lebih banyak dijumpai di berbagai acara amal. 

Setelah kepergiannya, banyak monumen atau kenangan yang sengaja dipersembahkan untuk mengenang sosok Putri Diana. Termasuk Diana Award yang diberikan bagi anak-anak remaja yang mampu memberikan perubahan bagi dunia.