Masjid di Lebanon Khilaf Setel Lagu Pop Lewat Speaker

Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Sebuah masjid di Lebanon baru-baru ini menjadi bahan perbincangan di media sosial. Penyebabnya karena lagu pop tiba-tiba terdengar dari pengeras suara masjid yang biasa digunakan mengumandangkan adzan.

Dilansir di The Jerusalem Post, Rabu (2/9), peristiwa ini menjadi perhatian di media sosial usai terekam dalam video salah satu warganet. Video itu diunggah di Twitter hingga mengundang komentar warganet lainnya.

Para pendengar video itu menyadari lagu yang disetel berjudul "Mosh Khayfa" karya musisi pop Lebanon Nawal El Zoghi. Sayangnya tak disebutkan masjid mana yang menyetel lagu tersebut. Namun, berdasarkan pemberitaan media Lebanon, pengurus masjid membantah lagu diputar secara sengaja. 

Pengurus masjid dikabarkan awalnya ingin menyiarkan pidato anggota parlemen Lebanon Nabih Berri dari stasiun radio. Salah satu petugas masjid membiarkan saluran radio dimana Berri siaran terus menyala.

Padahal, setelah siaran usai, radio memutar lagu hingga terdengar dari pelantang suara masjid. Pengurus masjid berniat agar pidato Berri dapat didengar warga sekitar. Berri menyampaikan pidato mengenai pandemi Covid-19.