Rumah Konjen RI di Chicago AS Terbakar, Pemeriksaan Masih Dilakukan

Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Kediaman resmi Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Winnetka, Chicago, Amerika Serikat terbakar, Rabu, 2 September 2020 waktu setempat. Saat ini, pemeriksaan atas kejadian itu masih terus dilakukan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengemukakan, kesimpulan sementara dari pemeriksaan yang telah dilakukan yaitu, perlu pengerjaan lebih menyeluruh untuk mengganti ventilator yang digunakan untuk menyerap panas dan dingin, di atap rumah.

Sebab, ventilator yang ada saat ini sudah lama. Jika tidak diganti berpotensi menjadi sumber api. "Hari ini waktu Chicago, ada pemeriksaan lanjutan oleh Fire Department setempat," ujarnya saat dihubungi VIVA, Jumat, 4 September 2020.

Baca juga: Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, Polri Sudah Periksa 105 Saksi

Teuku Faizasyah mengemukakan, ketika kebakaran terjadi, saat itu tengah ada pengerjaan di ventilator atap. Tiba-tiba ada percikan api. Pada saat kejadian, di wisma hanya ada Konjen dan putrinya. Kebakaran ditangani dengan cepat oleh petugas. Tidak ada yang terluka dalam kejadian ini. "Alhamdulillah tidak ada yang luka," katanya.

Saat ini, menurut Teuku Faizasyah, Konjen RI di Chicago Meri Binsar Simorangkir dan keluarganya tidak bisa tinggal di wisma karena atap rumah harus diperbaiki. Investigasi yang dilakukan petugas pemadam kebakaran setempat juga belum selesai. Hasil investigasi baru bisa diketahui dua pekan kemudian. "Sekitar dua minggu hasilnya," ujarnya. (ren)