Warga Rusia di Moskow Kangen Main Gamelan di Tengah Pandemi COVID-19

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow, Wakil Duta Besar Azis Nurwahyudi, saat bertemu kaum muda Rusia di Taman KBRI Moskow, 7 September 2020.
Sumber :
  • KBRI Moskow

VIVA – Pandemi COVID-19 telah menjadi tantangan besar bagi hubungan antarnegara, termasuk Indonesia dan Rusia. Namun, pandemi ini juga mendatangkan kerinduan yang menggebu dari bangsa kedua negara untuk kian merekatkan hubungan. 

Ini terlihat dari pertemuan antara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow dengan para kaum muda Rusia. Berlangsung di Taman KBRI Moskow, 7 September 2020, puluhan pemuda Rusia terang-terangan menyatakan kerinduan mereka untuk belajar seni budaya Indonesia. 

Baca juga: Kaum Milenial kini Diandalkan jadi Jembatan Hubungan Indonesia - Rusia

Di antara mereka ada yang sudah cukup lama bergabung dalam kegiatan KBRI ini dan menyatakan sudah tidak sabar menantikan dimulainya kembali kegiatan kelas mereka. Salah satunya adalah Julie Ryzhaya. 

“Saya merasa bahagia saat bermain gamelan dan saya merindukan kembali kelas gamelan,” kata Julie Ryzhaya yang sudah mahir bermain gamelan dan menyinden. Julie bersama teman-temannya tidak dapat bermain gamelan sementara waktu karena situasi pandemi Covid-19. 

Para peserta lainnya menyampaikan keinginan lebih luas lagi mengetahui budaya Indonesia. Inga Gnedo mengusulkan adanya kelas seni kriya dan membatik. 

Sementara itu, Vladislav Pavlov menginginkan adanya kelas pencak silat dan Danil Khryapin mengusulkan kelas khusus yang mengulas sejarah dan perkembangan hubungan Indonesia dengan Rusia. Terdapat juga peserta yang menginginkan adanya kelas pengenalan kuliner Indonesia.

Dalam pertemuan informal yang dihadiri 46 kaum muda Rusia itu, KBRI Moskow mengajak pemuda Rusia untuk mengenal dan mencintai Indonesia walaupun dunia sedang dilanda pandemi. Ajakan tersebut disampaikan oleh Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow yang juga Wakil Duta Besar RI untuk Rusia, Azis Nurwahyudi.

Dia menyampaikan rasa senang bertemu dengan para sahabat Indonesia dan berkenalan langsung dengan sebagian dari mereka yang baru bergabung. Azis Nurwahyudi menambahkan bahwa tidak dapat mengundang banyak peserta pada pertemuan ini karena situasi pandemi Covid-19 dan pertemuan ini juga memperhatikan protokol kesehatan.

Menurutnya, pertemuan ini sekaligus menandakan dimulainya kembali kegiatan pembelajaran kursus kelas bahasa Indonesia, kelas tari tradisional Indonesia, dan kelas gamelan di KBRI Moskow. Kegiatan juga memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita siapkan tempat ruangan khusus untuk belajar bahasa Indonesia, tarian, dan gamelan. Ruang serba guna yang baru direnovasi tidak hanya dapat digunakan untuk latihan menari, tetapi juga untuk pertemuan, diskusi, atau pemutaran film,” kata Azis, seperti yang disiarkan KBRI Moskow hari ini.

Azis juga mengatakan bahwa tahun ini Indonesia dan Rusia memperingati 70 tahun hubungan diplomatik dan kegiatan ini menjadi bagian dari pelaksanaan kegiatan 70 tahun hubungan diplomatik tersebut. "KBRI Moskow akan merancang kegiatan-kegiatan lainnya, seperti pertunjukan wayang kulit dan gamelan dalam waktu dekat di KBRI Moskow," lanjut mantan Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI itu.

Sementara itu, Minister Counsellor Pensosbud KBRI Moskow, Adiguna Wijaya, yang hadir juga dalam pertemuan ini menyampaikan mencatat dan mempertimbangkan usulan para sahabat Indonesia tersebut. 

Cuaca senja hari di Moskow yang cerah pada saat itu mendukung pertemuan di taman KBRI Moskow. Setelah berdiskusi, para peserta disuguhi hidangan kuliner Indonesia, yaitu soto ayam.   

Pengajaran bahasa dan budaya Indonesia di KBRI Moskow sudah berlangsung cukup lama. Saat puncak pandemi Covid-19, kegiatan tatap muka dihentikan sementara. Kelas bahasa dan tari sempat dilakukan dalam bentuk daring. 

Para pengajar adalah staf KBRI Moskow. Bahasa Indonesia diajarkan oleh Felix. Gamelan diajarkan oleh Tri Koyo dan tari tradisional Indonesia diajarkan oleh Elisabeth Nurnilasari yang keduanya merupakan lulusan ISI Yogyakarta. 

Para peserta gamelan dan tari bergabung dengan sanggar seni binaan KBRI Moskow, yaitu Gamelan Dadali dan Kirana Nusantara Dance. Tim kesenian ini turut serta juga dalam mempromosikan budaya Indonesia yang dilakukan KBRI Moskow dan tampil dalam berbagai acara pentas budaya di berbagai kota di Rusia, bahkan hingga di Belarus juga. 

Warga Rusia ini mempelajari budaya Indonesia dengan penuh semangat. Mereka tidak mengenal lelah sepulang bekerja atau kuliah, dan di saat musim dingin bersalju sekalipun. 

Para peserta sahabat Indonesia yang bergabung dalam kegiatan ini berasal dari berbagai kalangan. Mereka tidak hanya mahasiswa, tetapi juga pekerja, seperti Linara Sabirova bekerja di maskapai Aeroflot, Nadezhda Ulumbekova adalah pemilik sekolah batik Moskow, Polina Popova bekerja di kantor berita Regnum, Julie Ryzhaya bekerja di Rosatom. 

Ada juga yang bekerja di agen pariwisata yang memiliki hubungan kerja dengan Indonesia.