Jerman Dikepung Zona Merah Corona, Peringatan Perjalanan Keluar

picture-alliance/dpa/H. K. Techt
Sumber :
  • dw

Pemerintahan Federal Jerman di Berlin hari Rabu (16/9) mengeluarkan peringatan perjalanan untuk Wina setelah mengklasifikasikan ibu kota Austria itu sebagai kawasan berisiko tinggi virus corona.

"Karena tingginya jumlah kasus infeksi, saat ini ada peringatan terhadap perjalanan wisata yang tidak perlu ke Wina," kata Kementerian Luar Negeri pada Rabu malam di Berlin.

Wina sebelumnya telah dinyatakan sebagai area berisiko pada daftar yang terus diperbarui oleh badan pengendalian pandemi Jerman, Robert Koch Institut (RKI).

Budapest, Amsterdam dan Paris juga masuk zona merah.

Selain itu, Jerman juga menambahkan ibu kota Hongaria Budapest ke dalam daftar kawasan berisiko tinggi pandemi corona karena meningkatnya jumlah kasus infeksi. Sebelumnya, Amsterdam, Paris, Jenewa dan Praha sudah dinyatakan sebagai kawasan zona merah corona.

Kriteria utama untuk klasifikasi sebagai daerah berisiko tinggi adalah peningkatan kasus infeksi lebih dari 50 orang per 100.000 penduduk dalam tujuh hari terakhir.

Peringatan perjalanan biasanya dikeluarkan pemerintahan di Berlin setelah ada klasifikasi oleh RKI bahwa daerah atau kota tersebut sebagai area berisiko tinggi.

Peringatan perjalanan ke luar Uni Eropa masih berlaku secara umum

Saat ini Jerman juga masih memberlakukan peringatan perjalanan secara umum untuk lebih 160 negara di luar Uni Eropa yang berlaku hingga akhir September.

Mulai 1 Oktober mendatang, peringatan perjalanan umum itu akan dicabut dan digantikan dengan evaluasi terhadap setiap negara. Negara yang diklasifikasikan sebagai kawasan berisiko tinggi akan mendapat status peringatan perjalanan.

Daftar negara yang terkena peringatan perjalanan ada di situs Kementerian Luar Negeri Jerman dan selalu diaktualisasi.

hp/as (dpa, rtr, afp)