WHO: Lonjakan Kasus Corona di Eropa Harus Jadi Peringatan bagi Semua

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc
EPA
Pertambahan kasus mingguan di Eropa telah melebihi yang dilaporkan selama puncak gelombang pertama pada bulan Maret, kata WHO.

Lonjakan jumlah kasus virus korona di seluruh Eropa harus menjadi "peringatan", kata direktur regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Hans Kluge.

Hans Kluge mengatakan bahwa dalam dua pekan terakhir, jumlah kasus baru meningkat dua kali lipat di lebih dari setengah negara anggota Eropa.

"Kita menghadapi situasi yang sangat serius," ujarnya.

Hal itu ia katakan seiring jumlah infeksi yang terkonfirmasi di seluruh dunia secara perlahan tapi pasti menuju angka 30 juta.

Lebih dari 942.000 orang telah meninggal sejak virus corona muncul di China akhir tahun lalu.

Berbicara di Kopenhagen pada hari Kamis, Kluge mengatakan bahwa pada pekan lalu saja, 300.000 infeksi baru dilaporkan di seluruh Eropa.

Pertambahan kasus mingguan telah melebihi yang dilaporkan selama puncak gelombang pertama pada bulan Maret, imbuhnya.

"Meskipun angka-angka ini mencerminkan tes yang lebih komprehensif, ia juga menunjukkan laju transmisi yang mengkhawatirkan di seluruh wilayah," katanya kepada wartawan.

Kluge mengatakan data tersebut "harus menjadi peringatan bagi kita semua".

Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit dan kematian belum meningkat terlalu tajam, meski Spanyol dan Prancis mengalami tren kenaikan.

Meskipun anak muda - cenderung tidak terdampak terlalu parah jika mereka terinfeksi - saat ini menyumbang proporsi terbesar dalam kasus virus corona yang baru-baru ini tercatat, ada ketakutan akan lebih banyak kasus penyakit serius jika virus menyebar ke kelompok masyarakat yang lebih tua dan lebih rentan.

Menurut WHO, terdapat lima juta kasus terkonfirmasi dan lebih dari 228.000 kematian di seluruh Eropa sejak awal pandemi.

`Kita bisa melawannya lagi`

Dalam pengarahan pada hari Kamis, Kluge berkata bahwa aturan-aturan lockdown yang mulai diberlakukan pada musim semi dan awal musim panas telah membuahkan hasil yang jelas.

"Pada bulan Juni, angka kasus mencapai titik terendah," ujarnya. "Tapi angka kasus pada September harus menjadi peringatan bagi kita semua."

BBC

Namun ia menekankan bahwa pengetahuan tentang cara terbaik untuk menekan penyebaran virus telah membaik sejak pandemi pertama kali menyebar ke Eropa.

"Kita telah melawannya sebelumnya dan kita bisa melawannya kembali," ujarnya.

Awal pekan ini, Kluge memperingatkan bahwa Eropa harus bersiap menghadapi peningkatan jumlah kematian akibat virus korona pada Oktober dan November, seraya memperingatkan: "Ini akan semakin sulit."

Bagaimana situasi di Eropa?

Di Inggris, jumlah kasus harian baru telah mencapai level tertinggi sejak pertengahan Mei. Aturan baru telah diberlakukan untuk membatasi pertemuan sosial dan pembatasan lebih lanjut berskala lokal untuk bagian timur laut Inggris diumumkan pada hari Kamis.

BBC

Sementara itu, Prancis mencatat 10.593 kasus pada Kamis — jumlah harian tertinggi sejak pandemi bermula.

Menteri Kesehatan Olivier Véran mengakui virus corona "kembali sangat aktif"; Lyon dan Nice, dua kota terbesar di Prancis, diberi waktu hingga Sabtu untuk memikirkan langkah-langkah baru guna mengatasi wabah.

Véran dan Perdana Menteri Jean Castex termasuk di antara beberapa menteri yang menghadapi gugatan hukum atas cara mereka menangani krisis ini.

Negara-negara lain juga mengalami lonjakan kasus:

  • Spanyol pada hari Rabu mencatat 239 kematian baru dengan virus corona, angka terbesar sejak bulan Juni. Banyak infeksi baru di negara tersebut ada di ibu kota Madrid, tempat otoritas berencana mengumumkan langkah-langkah pembatasan baru
  • Republik Ceko melaporkan lebih dari 2,000 pertambahan kasus harian untuk pertama kali. Perdana menteri negeri itu meminta rakyatnya mengikuti aturan pembatasan demi mencegah peningkatan infeksi secara eksponensial
  • Angka kasus juga mencapai puncak harian baru di Belanda, dan pemerintahnya diperkirakan akan mengumumkan aturan-aturan pembatasan baru pada hari Jumat