Dokumen FinCEN: HSBC Fasilitasi Transfer Jutaan Dolar Skema Ponzi

BBC
Sumber :
  • bbc

HSBC mengizinkan sejumlah penipu mentransfer jutaan dolar ke berbagai tempat di dunia meski mengetahui bahwa uang tersebut merupakan hasil tindak penipuan, seperti ditunjukkan bocoran sejumlah dokumen.

Bank terbesar di Inggris itu memindahkan uang melalui bisnisnya di AS ke rekening HSBC di Hong Kong pada 2013 dan 2014.

Perannya dalam penipuan senilai US$80 juta (Rp 1,1 triliun) dirinci dalam dokumen yang bocor – laporan aktivitas mencurigakan" bank – yang disebut Dokumen FinCEN.

HSBC mengatakan pihaknya selalu memenuhi kewajiban hukumnya untuk melaporkan aktivitas tersebut.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan penipuan investasi, yang dikenal sebagai skema Ponzi, terjadi setelah bank tersebut didenda US$1,9 miliar di AS karena pencucian uang.

Bank itu telah berjanji untuk menekan praktik-praktik semacam ini.

Pengacara untuk investor yang tertipu mengatakan pihak bank seharusnya bertindak lebih cepat untuk menutup rekening para penipu.

Kebocoran dokumen tersebut mencakup serangkaian pengungkapan lainnya - seperti dugaan salah satu bank terbesar di AS mungkin telah membantu mafia terkenal untuk memindahkan lebih dari US$1 miliar.

Apa itu Dokumen FinCEN?

Dokumen FinCEN adalah 2.657 dokumen yang bocor. Di dalamnya terdapat 2.100 laporan aktivitas mencurigakan, atau yang disebut SAR (Suspicious Activity Report).

SAR bukanlah bukti kesalahan. Bank mengirimkan laporan SAR itu ke pihak berwenang jika mereka mencurigai nasabahnya berbuat tindakan kejahatan.

Secara hukum, bank harus tahu siapa klien mereka - bank tidak cukup hanya mengajukan SAR dan terus mengambil uang kotor dari nasabah sambil mengharapkan penegak hukum menangani masalah tersebut.

Jika pihak bank memiliki bukti aktivitas kriminal, mereka harus berhenti memfasilitasi perpindahan uang tunai.

Bocoran tersebut menunjukkan bagaimana uang dicuci melalui beberapa bank terbesar di dunia dan bagaimana pelaku kriminal menggunakan perusahaan Inggris anonim untuk menyembunyikan uang mereka.

SAR dibocorkan ke situs Buzzfeed dan dibagikan pada Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ).

Panorama memimpin penelitian untuk BBC sebagai bagian dari penyelidikan global.

ICIJ memimpin peliputan kebocoran Panama Papers dan Paradise Papers - dokumen rahasia yang merinci kegiatan lepas pantai sejumlah orang kaya dan terkenal.

Fergus Shiel, dari konsorsium, mengatakan Dokumen FinCEN adalah "informasi tentang apa yang diketahui bank-bank mengenai aliran uang kotor di seluruh dunia ... [Sistem] yang dimaksudkan untuk mengatur aliran uang kotor telah rusak".

Dokumen SAR yang bocor telah diserahkan ke Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan AS (US Financial Crimes Enforcement Network), atau FinCEN antara tahun 2000 dan 2017 dan mencakup transaksi senilai sekitar US$2 triliun.

FinCEN mengatakan kebocoran itu dapat berdampak pada keamanan nasional AS, investigasi risiko, dan mengancam keselamatan mereka yang mengajukan laporan.

Namun, pekan lalu FinCEN mengumumkan proposal untuk merombak program anti pencucian uang.

Inggris juga mengumumkan rencananya untuk mereformasi daftar informasi perusahaannya untuk menekan penipuan dan pencucian uang.

Bagaimana bentuk penipuan Ponzi?

Handout
Korban pembunuhan Reynaldo Pacheco, yang berinvestasi dalam skema Ponzi

Penipuan investasi yang diperingatkan kepada HSBC disebut WCM777.

Laporan itu diikuti kematian investor Reynaldo Pacheco, yang ditemukan meninggal terendam air di perkebunan anggur di Napa, California, pada April 2014.

Polisi mengatakan Reynaldo dipukul dengan batu.

Dia mengikuti skema tersebut dan diminta untuk merekrut investor lain. Janjinya adalah semua orang akan kaya raya.

Seorang perempuan yang diperkenalkan oleh Pacheco, 44, kehilangan sekitar US$3.000.

Hal itu berujung pada pembunuhan Pacheco oleh orang-orang yang disewa untuk menculiknya.

"Dia benar-benar berusaha untuk ... membuat kehidupan orang lebih baik, dan dia sendiri ditipu dan sayangnya dia membayar dengan nyawanya," kata Sersan Chris Pacheco (yang tidak ada hubungannya), salah satu petugas yang menyelidiki pembunuhan itu.

Reynaldo, katanya, "dibunuh karena menjadi korban skema Ponzi".

Apa yang dijanjikan?

Skema ini dimulai oleh Ming Xu, warga negara China.

Sedikit yang diketahui tentang bagaimana dia bisa tinggal di AS, meskipun dia mengaku mendapat gelar strata dua MA di California.

Tinggal di daerah Los Angeles, Xu - atau "Dr Phil" sebagaimana dia menyebut dirinya - bertindak sebagai pendeta di gereja-gereja evangelis.

Xu berkata bahwa dia mengoperasikan bank investasi global, Pasar Modal Dunia, yang akan memberikan keuntungan 100?lam 100 hari. Pada kenyataannya, dia menjalankan skema WCM777 Ponzi.

Melalui seminar, Facebook, dan webinar di YouTube, mereka berhasil mengumpulkan $ 80 juta dengan menjual peluang investasi dalam cloud computing.

BBC
Beberapa unggahan di Facebook yang menawarkan skema Ponzi WCM

Ribuan orang dari komunitas Asia dan Latin diajak berpartisipasi.

Para penipu menggunakan pencitraan agama Kristen dan menargetkan komunitas miskin di AS, Kolombia dan Peru. Ada juga korban di negara lain, termasuk Inggris.

Regulator di California mengatakan kepada HSBC bahwa mereka menyelidiki WCM777 pada awal September 2013 - dan memberi tahu warganya tentang penipuan tersebut.

California, bersama dengan Colorado dan Massachusetts, mengambil tindakan terhadap WCM karena menjual investasi yang tidak terdaftar.

HSBC melihat transaksi mencurigakan di sistemnya.

Tetapi baru pada April 2014, setelah regulator keuangan AS, Securities and Exchange Commission, mengajukan tuntutan, akun WCM777 di HSBC di Hong Kong ditutup.

Pada saat itu hampir tidak ada uang yang tersisa di dalamnya.

Apa yang ditunjukkan oleh SAR?

HSBC mengajukan SAR pertamanya tentang penipuan itu pada 29 Oktober 2013 terkait dengan lebih dari US$6 juta yang dikirim ke rekening penipu di Hong Kong.

BBC

Pejabat bank mengatakan "tidak ada tujuan ekonomi, bisnis, atau hukum yang jelas" untuk transaksi itu - dan menduga itu adalah "kegiatan skema Ponzi".

SAR kedua pada Februari 2014 mengidentifikasi US$15,4 juta dalam transaksi mencurigakan, dan "berpotensi skema Ponzi".

Laporan ketiga pada bulan Maret terkait dengan perusahaan yang terkait dengan WCM777 dan hampir US$9,2 juta. Hal ini memicu timbulnya langkah regulasi oleh negara bagian AS serta perintah penyelidikan oleh presiden Kolombia.

BBC

Apa yang dilakukan HSBC?

Skema WCM777 muncul beberapa bulan setelah HSBC menghindari tuntutan pidana AS atas pencucian uang oleh bos-bos pengedar narkoba Meksiko.

Bank itu setuju untuk memperbaiki prosedur.

Analisis oleh ICIJ menunjukkan bahwa antara 2011 dan 2017, HSBC mengidentifikasi transaksi mencurigakan yang berpindah melalui rekening di Hong Kong senilai lebih dari US$1,5 miliar - sekitar US$900 juta terkait dengan aktivitas kriminal secara keseluruhan.

Namun laporan tersebut gagal memasukkan fakta-fakta penting tentang nasabah, termasuk pemilik akun dan dari mana uang itu berasal.

Bank dilarang membicarakan laporan aktivitas yang mencurigakan.

HSBC mengatakan: "Mulai tahun 2012, HSBC memulai perjalanan multi-tahun untuk merombak kemampuannya dalam memerangi kejahatan keuangan di lebih dari 60 yurisdiksi… HSBC adalah lembaga yang jauh lebih aman dibandingkan pada tahun 2012."

Bank itu menambahkan pihak berwenang AS telah memutuskan bahwa bank itu "memenuhi semua kewajibannya berdasarkan [kesepakatan yang dibuat dengan jaksa penuntut AS]".

Xu akhirnya ditangkap oleh otoritas China pada 2017 dan dipenjara selama tiga tahun karena penipuan.

Kepada ICIJ, Xu yang berada di China mengatakan HSBC belum menghubunginya tentang bisnisnya.

Dia membantah WCM777 adalah skema Ponzi, dan mengatakan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah salah sasaran.

Ia mengklaim tujuannya adalah untuk membangun komunitas religius di California di atas lahan seluas lebih dari 400 hektar.

Apa itu skema Ponzi?

Skema Ponzi - istilah yang merujuk pada nama seorang penipu di awal abad ke-20, Charles Ponzi - tidak menghasilkan keuntungan dari uang investor.

Sebaliknya, investor memperoleh uang kembali dari uang yang masuk dari investor baru lainnya.

BBC

Banyak investor yang dibutuhkan untuk menutupi pembayaran ini.

Sementara itu, pemilik skema Ponzi memindahkan uang yang dikumpulkan ke rekening mereka sendiri.

Skema Ponzi akan runtuh jika tidak ada cukup investor baru.

Apa lagi yang terungkap dari dokumen bocor itu?

Dokumen FinCEN menunjukkan bagaimana bank multinasional JP Morgan mungkin telah membantu seorang pria yang dikenal sebagai `bos dari bos mafia Rusia` untuk memindahkan lebih dari US$1 miliar.

Semion Mogilevich dituduh melakukan kejahatan termasuk penjualan senjata, perdagangan narkoba dan pembunuhan.

Dia seharusnya tidak diizinkan untuk mengakses sistem keuangan, tetapi SAR yang diajukan oleh JP Morgan pada tahun 2015 setelah akunnya ditutup mengungkapkan bagaimana kantor bank yang berada di London mungkin telah memindahkan sebagian uang tunainya.

Hal itu merinci bagaimana JP Morgan memberikan layanan perbankan kepada perusahaan lepas pantai rahasia bernama ABSI Enterprises antara 2002 dan 2013, meskipun kepemilikan perusahaan tidak jelas dari catatan bank.

Selama satu periode lima tahun, JP Morgan mengirim dan menerima transfer kawat sejumlah US$1,02 miliar, kata bank tersebut.

BBC

SAR mencatat bahwa perusahaan induk ABSI "mungkin terkait dengan Semion Mogilevich - orang yang masuk dalam 10 daftar paling dicari FBI".

Dalam sebuah pernyataan, JP Morgan berkata: "Kami mengikuti semua hukum dan peraturan yang mendukung pemerintah untuk memerangi kejahatan keuangan. Kami mengabdikan ribuan orang dan ratusan juta dolar untuk pekerjaan penting ini."

BBC

Dokumen FinCen adalah bocoran dokumen rahasia yang mengungkapkan bagaimana bank-bank besar mengizinkan pelaku tindak kriminal memindahkan uang kotor ke seluruh dunia.

Dokumen itu juga menunjukkan bagaimana Inggris sering kali menjadi mata rantai yang lemah dalam sistem keuangan dan bagaimana London dibanjiri uang tunai Rusia.

Berkas-berkas tersebut diperoleh oleh BuzzFeed News yang kemudian dibagikan pada Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) dan 400 jurnalis di seluruh dunia. Panorama memimpin penelitian untuk BBC.