Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Daftar 10 Negara Muslim Terkaya di Dunia, Ada Indonesia?

Senin, 28 September 2020 | 06:10 WIB
Oleh :
Foto :
  • republika
Source : Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Untuk menjadi pemain penting dalam perekonomian global, suatu negara sangat tergantung pada PDB per kapita yang besar. Mengutip defence Ahad (27/9) dari Yahoo Finance. 

Namun sayangnya, dari 10 negara tersebut, Indonesia tidak masuk daftar. Berikut ini deretan 10 negara yang dikategorikan negara Muslim terkaya versi Yahoo Finance:  

Baca Juga

1. Qatar 

Sebagai salah satu negara Teluk dengan populasi 1,7 juta jiwa, Qatar memuncaki negara mayoritas Muslim terkaya di dunia. Hal itu, terbukti dari PDB per kapita yang mencapai lebih dari USD 88,919 atau Rp 1,328 miliar pada 2011 (Rp 14.938/USD). 

Qatar, juga dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Hal itu, didorong dengan adanya peningkatan produksi ekspor gas alam, minyak dan petrokimia yang terus berlangsung.  

Sebagai negara yang dijadwalkan menjadi tuan rumah piala dunia 2022, Pemerintah Qatar juga mulai menjadikannya sebagai tujuan investor. Khususnya untuk menjadikan negara itu sebagai tuan rumah bisnis yang lebih baik dengan memanfaatkan Piala Dunia 2022.

2. Kuwait 

Di urutan kedua, Kuwait dengan populasi 3,5 juta ini, menjadi yang terkaya karena pendapatan PDB per kapitanya mencapai USD 54,654 atau Rp 816 juta pada 2011. Serupa dengan Qatar, Kuwait juga menyimpan cadangan minyak mentah sekitar 104 juta barel. Secara kasar, jumlah itu diperkirakan sekitar 10 persen dari cadangan dunia.  

3. Brunei Darussalam 

Negara Muslim di urutan ketiga terkaya ini, memiliki PDB per kapita sebesar USD 50,506 atau sekitar Rp 754 juta pada 2010. Negara ini, kaya karena ladang minyak dan gas alamnya yang luas. Bahkan, dalam 80 tahun terakhir, perekonomian Brunei didominasi industri minyak dan gas. Selain dari sumber daya hidrogen yang menyumbang lebih dari 90 persen ekspornya atau sekira setengah PDB nya. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler