Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Pilkada

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Pertama Kali dalam 4 Bulan Tak Ada Kasus Baru COVID-19 di Melbourne

Senin, 26 Oktober 2020 | 17:00 WIB
Oleh :
Foto :
  • abc
Pada hari Senin (26/10/2020) tercatat untuk pertama kalinya dalam empat bulan lebih negara bagian Victoria tidak mengalami kasus baru COVID-19.

Negara bagian Victoria, Australia, hari Senin (26/10) melaporkan tidak ada kasus baru dan kematian akibat COVID-19. Ini merupakan yang pertama kalinya sejak 9 Juni lalu.

Bersih Kasus COVID-19
- Untuk pertama kalinya sejak 9 Juni negara bagian Victoria tidak mengalami kasus baru COVID-19
- Sekitar 2.100 uji COVID-19 dilakukan di wilayah Melbourne utara kemarin
- Walikota Melbourne telah mendesak Menteri Utama Victoria untuk membuka kembali kegiatan bisnis

Baca Juga

Departemen Kesehatan Victoria menyatakan jumlah rata-rata kasus baru untuk 14 hari di Melbourne telah menurun menjadi 3,6 kasus. Sejauh ini masih terdapat tujuh kasus "misterius".

Sementara untuk wilayah Victoria di luar Melbourne, jumlah rata-rata kasus baru kini tinggal 0,2 kasus.

Jeroen Weimar yang memimpin tes COVID-19 di Victoria mengatakan kemarin telah dilakukan 2.100 tes untuk wilayah Melbourne utara dan ratusan lainnya masih dalam proses pemeriksaan laboratorium.

Tes tersebut dilaksanakan setelah ditemukan adanya penyebaran baru pada dua sekolah di wilayah tersebut pekan lalu.

"Kami ingin memastikan tidak ada rantai transmisi lain di wilayah utara sehingga kami dapat memberikan lampu hijau bagi pelonggaran lebih lanjut," ujar Jeroen.

Walikota Melbourne Sally Capp secara terpisah telah mendesak Menteri Utama (Premier) Daniel Andrews untuk menerapkan rencana membuka kembali perekonomian ibukota Victoria ini.

"Kami membutuhkan kejelasan dan kepastian bagi para pengusaha yang mulai memiliki rasa optimisme," katanya.

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt juga mengemukakan hal yang sama, agar Victoria tetap melaksanakan rencana pelonggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menkes Hunt mengatakan target jumah kasus baru di bawah 10 yang ditetapkan Pemerintah Federal serta di bawah lima kasus yang ditetapkan Pemerintah Victoria, semuanya telah tercapai saat ini.

"Jika mereka percaya pada sistem pelacakan kontak yang mereka lakukan, maka tak ada alasan lagi untuk tidak beranjak ke tahap berikutnya pada hari ini," katanya.

Laporan ekonomi terbaru yang dirilis hari ini menunjukkan peringkat Victoria jatuh dari urutan kedua menjadi yang ketiga dibandingkan dengan negara bagian lainnya.

Anjloknya belanja konsumen membuat Victoria turun dari posisi kedua menjadi yang kelima untuk kategori perdagangan ritel, sementara tingkat pengangguran pada kuartal ini mencapai 6,7 persen.

Tasmania, yang tidak mengalami kasus baru COVID-19 selama 75 hari, kini menjadi negara bagian dengan kinerja ekonomi terbaik selama tiga bulan berturut-turut.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler