Wow, Berlian Ungu Langka Laku Terjual Rp375 Miliar

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Berlian sangat langka dari Rusia laku dalam lelang di Swiss seharga US$26,6 juta atau sekitar Rp375 miliar.

Berlian sebesar 14,8 karat dan diberi nama The Spirit of the Rose, adalah berlian terbesar yang pernah dilelang. Sekitar 99?rlian merah muda yang dijual berkadar di bawah 10 karat.

Ukuran berlian - dengan warna serta struktur tanpa cacat - menarik perhatian pembeli dengan harga tinggi di rumah lelang Sotheby`s di Jenewa.

Nama pemenang lelang tidak diumumkan.

Berlian itu adalah satu dari tiga berlian koleksi perusahaan tambang Rusia, Alrosa, dan semua diberi nama dengan tarian balet terkenal Rusia.

The Spirit of the Rose diproses dari berlian yang kasar yang ditemukan di Rusia pada 2017.

Berlian yang belum diasah diberi nama Vaslav Nijinsky, penari dan koreografer balet berdarah Rusia Polandia.

Harga rekor berlian merah muda saat ini dipegang oleh berlian CTF Pink Star.

Berlian dengan kadar 59 karat itu terjual dalam lelang di Hong Kong pada 2017, seharga US$71 juta.

 


Harga rekor berlian-berlian berwarna

Mei 2016: Berlian besar yang disebut Oppenheimer Blue mencetak harga lelang baru dengan harga US$50,6 juta. Berlian 14,62 karat terjual setelah 20 menit perang harga lewat telepon di rumah lelang Christie`s di Jenewa. Pembelinya tak disebut identitasnya.

November 2015: Berlian Blue Moon, 12,03 karat menarik perhatian taipan Hong Kong Joseph Lau, yang membayar US$48.4 juta untuk berlian berbentuk bantal itu. Lau membeli berlian itu untuk putrinya yang berusia tujuh tahun dan menamakannya Blue Moon of Josephine, nama anaknya.

Mei 2015: Pembeli yang tak disebutkan namanya mencatat sejarah setelah membeli berlian 25,59 karat, Sunrise Ruby, berwarna merah seharga US$30 juta. Dengan harga itu, berlian itu menjadi permata termahal di dunia.

November 2013: Berlian terbesar berwarna oranye, menurut rumah lelang Christie`s, berhasil dijual seharga US$35 juta.

November 2010: Berlian merah muda pekat 24,78 karat digambarkan sebagai "salah satu berlian yang terindah yang pernah ditemukan, laku di lelang seharga US$46.2 juta. Saat itu, berlian tersebut diperkirakan sebagai berlian paling mahal dan dibeli oleh dealer Inggris, Laurence Graff.