Kuburan Janin Aborsi dengan Nama Para Ibu di Italia Jadi Problem

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Praktik pemakaman janin hasil aborsi telah berjalan lama di Italia, namun debat terkait legalitas dan etika, kembali terangkat pada akhir September lalu dengan munculnya kesaksian dari para ibu yang dibagikan di media sosial.

"Foto lebih kuat dibanding tulisan, jadi harus didahulukan," kata salah seorang perempuan, Marta Loi melalui halaman Facebooknya bersama dengan foto pusara berbentuk salib dengan namanya di satu pemakaman di Roma.

"Ini dia...tulisan saya mulai dengan: ini bukan kuburan saya, tapi putra saya," tulisnya dalam keterangan foto dan menambahkan bahwa janin itu terpaksa ia gugurkan untuk alasan medis. Namanya dicantumkan di makam itu tanpa sepengetahuan dan persetujuannya.

Cerita yang sama terjadi untuk hampir semua makam janin di pemakaman yang disebut Kuburan "Taman Malaikat Flaminio" di bagian khusus yang memang diperuntukkan bagi "bayi yang belum lahir". Berbagai organisasi Katolik sering terlibat dalam pengaturan pemakaman seperti ini.

Pemakaman janin yang diaborsi itu mengemuka setelah protes dari para perempuan yang tidak pernah memberikan izin atau tidak diberitahu adanya kuburan untuk janin hasil aborsi itu.

Pihak berwenang di Italia masih menyelidiki mengapa nama-nama para ibu yang menjalani aborsi pada trimester kedua terpahat di salip-salip kuburan tanpa persetujuan mereka.

Para ibu itu mengklaim mereka tidak sadar nama mereka tertulis karena mereka telah menyatakan tidak mau terlibat dalam penguburan janin itu.

Sebagian besar kuburan berangka mulai dari 2017 sampai 2020, namun sejumlah pihak mengatakan praktik pemakaman janin sudah lama dilakukan.

Sejumlah organisasi hak perempuan meluncurkan proses hukum setelah mereka mengumpulkan setidaknya 100 cerita dari perempuan yang tidak diminta persetujuannya dalam memakamkan janin.

"Perempuan-perempuan ini mengatakan mereka merasa tidak dihargai. Mereka mengatakan kebebasan dan hak mereka dilanggar, khususnya kebebasan dalam memilih dan juga kebebasan menyangkut agama," kata Elisa Ercoli, presiden organisasi perempuan, Differenza Donna.

Cortesía Differenza Donna
Nama-nama perempuan tertulis di makam janin sehingga aborsi yang seharusnya dirahasiakan terungkap.

Pihak yang bertanggung jawab dalam aborsi di rumah sakit mengatakan para perempuan itu menandatangani satu formulir namun pihak yang menangani pemakaman adalah perusahaan pembuangan.

Menurut Elisa Ercoli kemarahan dilontarkan oleh setidaknya 160 perempuan "dari semua keyakinan" dan mereka sedang berusaha mendapatkan perwakilan hukum dari berbagai lembaga swadaya masyarakat.

"Pelanggaran paling serius adalah pelanggaran privasi dan hak anonim yang dilindungi dalam hukum terkait aborsi," kata Ercoli kepada BBC.

Karena alasan inilah, Diferenza Donna merencanakan untuk mengajukan gugatan penghentian segera praktik menyebut nama para ibu janin dan embrio di pusara. Mereka juga berupaya agar keputusan menyangkut pemakaman janin tetap diinfokan kepada seluruh perempuan yang terlibat.

"Di Italia, jabatan yang dipegang oleh unit kepolisian pemakaman mencakup memberikan wewenang kepada badan kesehatan untuk memutuskan kasus-kasus menyangkut pemakaman janin," kata Ercoli.

Getty Images
Asosiasi Katolik terlibat dalam pemakaman janin.

Sebelum diterbitkannya kesaksian sejumlah perempuan itu, seorang wartawan, Jennifer Guerra membuat peta berbagai pemakaman janin di Italia, dan menemukan lebih dari 50 makam.

"Saya yakin ada lebih banyak lagi. Ini bukan fenomena baru atau terbatas di sejumlah tempat. Faktanya adalah ini terjadi di banyak tempat dan praktik ini terjadi lebih dari 20 tahun," kata Guerra.

Walaupun aborsi legal di Italia sejak 1978, organisasi Katolik yang membuat pemakaman janin, Asosiasi Melindungi Hidup, baru mulai menerapkan pada 1998 di kawasan Lombardy.

Asosiasi ini memiliki cabang di wilayah lain Italia dan memperkirakan telah menguburkan sekitar 200.000 "bayi yang tidak terlahirkan" dalam 22 tahun terakhir.

Namun juru bicara asosiasi itu, Stefano Di Battista, mengatakan mereka tidak menulis nama para ibu di berbagai pusara janin.

jenniferguerra.it
Jennifer Guerra menemukan lebih dari 50 kuburan janin di seluruh Italia.

"Kami tak ada sangkut pautnya dengan kondisi di pemakaman Flaminio. Saat kami tahu apa yang terjadi di sana, kami juga terkejut sama seperti pihak lain. Menulis nama ibu di pusara? Kami tidak akan melakukannya," katanya lagi.

"Kami melakukan pemakaman massal sekitar 100 janin dan kami mengumpulkan janin di rumah sakit-rumah sakit dan kami telah menandatangani kesepakatan. Kami bahkan tidak tahu apakah janin-janin itu hasil aborsi paksa atau sukarela, berapa lama kehamilan, siapa keluarganya," kata Di Battista.

"Di pemakaman, kami hanya meletakkan batu pusara kecil, itu cukup," tambahnya.

Arti simbolis

Getty Images
Tidak semua kuburan janin mencantumkan nama ibu termasuk di Aquí el de Caserta, di kawasan Campania.

Namun kasus di pemakaman Flaminio, Roma serta di tempat lain seperti di Torino atau Brescia, menunjukkan bahwa tidak semua asosiasi menghargai hak anonim perempuan yang melakukan aborsi.

Wartawan Jennifer Guerra yang meneliti masalah ini mengatakan ia mewawancarai banyak perempuan yang menyatakan mereka sama sekali tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan janin setelah diaborsi.

"Bagi saya masalahnya, lebih dari privasi dan masalahnya adalah berbaga asosiasi ini yang mengklaim boleh bertindak. Tidak ada persetujuan dari orang tua janin," kata Guerra.

"Dalam banyak kasus, para perempuan harus menandatangani formulir untuk dapat melakukan aborsi. Namun isu terkait apa yang akan dilakukan dengan janin tidak terterta dalam formulir itu," tambahnya.

Cortesía ADVM
Organisasi Melindungi Hidup mengklaim memakamkan lebih dari 220.000 janin dalam 22 tahun.

Apakah ada perubahan sejauh ini?

Di Roma, saat ini terdapat usulan peraturan daerah yang berisi hak perempuan memberikan keputusan terkait janin yang digugurkan.

Juru bicara asosiasi Katolik yang menangani pemakaman janin, Stefano Di Battista mengatakan setahun lalu, asosiasi itu mulai mencatumkan surat persetujuan dalam kesepakatan yang ditandatangani dengan rumah sakit untuk memastikan para ibu yang menjalani aborsi mengetahui apa yang akan dilakukan dengan janin mereka.

"Kalau mereka (rumah sakit) tidak memberikan surat izin, kami tak akan mengambil janin-janin itu," katanya.

AFP
Bagi banyak perempuan, kuburan janin ini melanggar hak privasi mereka.

"Janin-janin itu bila tidak dikuburkan dihancurkan seperti limbah, dan ini tentu menyakitkan. Namun bila para ibu memutuskan demikian...(tergantung mereka)," katanya.

Berdasarkan peraturan setempat, janin yang berusia 20 minggu ke atas harus dimakamkan.

Getty Images
Sejumlah perempuan menyatakan mereka berhak menentukan terminasi kandungan mereka.

Janin yang berusia kurang dari 20 minggu dapat dihancurkan dengan "limbah rumah sakit lain", sepanjang orang tua dari janin tidak meminta penguburan.

"Menguburkan yang meninggal menunjukkan peradaban. Walau bagaimana, yang membedakan manusia dan hewan adalah pemakaman yang tak bernyawa," kata Di Battista.

Bila ditarik secara lebih luas, kontroversi soal pemakaman janin di Italia ini adalah salah satu sengketa antara apa yang disebut kelompok "prokehidupan" dan mereka yang membela hak perempuan untuk memilih menggugurkan kandungan atau tidak.