Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Mega-tsunami 40 Meter Porak-porandakan Israel 10.000 Tahun yang Lalu

Sabtu, 26 Desember 2020 | 09:27 WIB
Oleh :
Foto :
  • bbc
BBC Indonesia

Sekitar 10.000 tahun yang lalu mega-tsunami menerjang kawasan yang sekarang menjadi pantai utara Israel.

Dalam artikel di jurnal ilmiah PLOS ONE, tsunami ini memiliki ketinggian 40 meter, dengan gelombang laut menghantam dan masuk ke daratan hingga beberapa kilometer jauhnya, menurut para ahli di artikel tersebut.

Baca Juga

Disimpulkan, fenomena di era prasejarah ini memusnahkan desa-desa di sepanjang pantai dan mungkin bisa memberikan penjelasan mengapa arkeolog tidak menemukan bukti atau jejak permukiman atau tempat tinggal manusia selama beberapa ribu tahun pada awal era Neolitikum.

Kesimpulan terjangan mega-tsunami di Israel ribuan tahun yang lalu diambil oleh para ahli geologi dan arkeologi dari University of California, San Diego, Amerika Serikat, dan University of Haifa, Israel, dengan menganalisis bukti bencana alam era prasejarah di Tel Dor, permukiman kuno tepi laut, di selatan Haifa.

 

 

Surat kabar Israel, Haaretz, memberitakan para ahli ini sebenarnya tidak mencari bukti-bukti langsung tsunami.

Yang mereka lakukan adalah menganalisis sejarah geologi di kawasan Tel Dor untuk memahami perubahan lingkungan dan bagaimana perubahan ini berpengaruh terhadap kehidupan, kata Dr Gilad Shtienberg, yang memimpin tim ahli dari University of California San Diego.

Tim ahli melakukan pengeboran di kawasan pantai Dor dengan tujuan mendapatkan sedimen yang usianya ribuan tahun.

Kota Dor diyakini didirikan 2.000 tahun sebelum Masehi.

Tim peneliti mendapatkan sedimen yang berasal dari 15.000 hingga 7.800 tahun lalu, terkubur di kedalaman hingga sembilan meter.

 

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler