Israel Posisi Teratas Negara Sudah Vaksinasi COVID-19 Terbanyak

Ilustrasi vaksin COVID-19
Sumber :
  • Pixabay/Elchinator

VIVA – Israel telah memberikan vaksinasi COVID-19 kepada lebih dari 1 juta warganya. Angka ini tertinggi dibanding negara-negara lain di dunia yang sudah mengedarkan vaksin COVID-19 kepada warganya, dilansir BBC.

Israel diketahui memiliki tingkat vaksinasi 11,55 dosis per 100 orang. Angka ini kemudian diikuti oleh Bahrain pada angka 3,49 dan Inggris 1,47 sebagaimana dilansir situs web tracking global yang berafiliasi dengan Universitas Oxford.

Sebagai perbandingan, negara Prancis misalnya hanya memvaksinasi 138 orang per 30 Desember 2020.

Angka perbandingan tingkat vaksinasi ini didaftarkan secara serentak dalam Our World in Data yang bekerja sama dengan Universitas Oxford dan lembaga amal edukasional. 

Mereka membandingkan jumlah orang yang sudah menerima dosis vaksin Corona. Namun kebanyakan vaksin diberikan dalam dua kali dosis yang pemberiannya berselang waktu satu minggu.

Per 1 Januari 2021, data negara pemberi vaksin terbanyak yakni terbanyak Israel disusul Bahrain kemudian Inggris lalu Amerika Serikat, Denmark dan China.

Sementara AS diketahui mengalami kegagalan target yang mana awalnya menargetkan bahwa 20 juta warganya akan mendapatkan vaksin Corona pada akhir tahun 2020. Israel mulai menyuntikkan vaksin ke warganya pada tanggal 19 Desember 2020. Vaksin diberikan kepada sekitar 150.000 orang per hari. Warga yang prioritas diberikan vaksin antara lain lansia di atas 60 tahun, pekerja medis dan orang dengan kondisi medis yang rentan.