Hari Terakhir Jadi Presiden, Donald Trump Rilis Video Perpisahan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.
Sumber :
  • Google net

VIVA – Hari ini merupakan hari terakhir bagi Donald Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Dia pun merilis sebuah video perpisahan dengan durasi hampir 20 menit.

Trump menyebut bahwa dirinya selama ini telah berhasil menyelesaikan kampanyenya dengan jargon 'America First' dan mengatakan bahwa gerakan baru saja dimulai. Trump sendiri tidak akan menghadiri pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS.

"Kami menyampaikan harapan terbaik kami dan kami juga ingin mereka beruntung. Sekarang, saat kami bersiap menyerahkan kekuasaan kepada pemerintahan baru, saya ingin Anda tahu bahwa gerakan baru saja dimulai," kata Trump dalam video tersebut, dilansir Al Jazeera, Rabu, 20 Januari 2021.

Dalam video tersebut, Trump mengutuk kekerasan yang terjadi di Capitol Hill, menyebut semua orang Amerika 'ngeri' dengan serangan di Capitol. 

"Kekerasan politik adalah serangan terhadap segala sesuatu yang kami hargai sebagai orang Amerika. Itu tidak pernah bisa ditoleransi," ujar Trump.

Dia mengucapkan terima kasih kepada keluarganya, kabinetnya dan Wakil Presiden Mike Pence, yang secara khusus telah dia tekan dalam upaya untuk membatalkan hasil pemilu.

"Empat tahun lalu... kami memulai misi untuk menjadikan Amerika hebat bagi semua orang AS. Saat saya mengakhiri masa jabatan sebagai Presiden ke-45 AS, saya berdiri di hadapan Anda benar-benar bangga dengan apa yang telah kita capai bersama," ungkapnya.

Untuk diketahui, Trump adalah presiden pertama sejak 150 tahun terakhir yang tidak akan menghadiri pelantikan penggantinya.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Wakapolri Jadi Wakil Komisaris Utama Pindad